IDENTIFIKASI PERSEPSI SISWA KELAS VIII SMP N 7 MUARO JAMBI TERHADAP PEMBELAJARAN OUTDOOR

Ade, Irma, Suryani IDENTIFIKASI PERSEPSI SISWA KELAS VIII SMP N 7 MUARO JAMBI TERHADAP PEMBELAJARAN OUTDOOR. IDENTIFIKASI PERSEPSI SISWA KELAS VIII SMP N 7 MUARO JAMBI TERHADAP PEMBELAJARAN OUTDOOR.

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (420kB)

Abstract

Pada pembelajaran pythagoras siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami materi. Dikarenakan kegiatan pembelajaran yang dilakukan masih kurang membuat siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran, sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Salah satu kegiatan pembelajaran yang dapat membuat siswa terlibat aktif yaitu pembelajaran outdoor. Dari kegiatan pembelajaran outdoor yang dilakukan muncul persepsi dari siswa. Dimana persepsi tersebut akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Hasil persepsi siswa akan berbentuk positif atau negatif terhadap pembelajaran outdoor. Dari perbedaan persepsi tersebut maka ada faktor dari siswa yang mempengaruhinya. Persepsi siswa terhadap pembelajaran outdoor terhadap 4 aspek pada pembelajaran outdoor yaitu tujuan pembelajaran outdoor, manfaat pembelajaran outdoor, kelebihan pembelajaran outdoor, dan kekurangan pembelajaran outdoor. Untuk mengetahui hal tersebut maka disusunlah 3 skenario pembelajaran outdoor bentuk include terhadap pembelajaran di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SMP N 7 Muaro Jambi. Subjek penelitian ini adalah satu kelas yang memiliki pengalaman, motivasi dalam belajar, kepribadian, cara berfikir dalam menilai, dan latar belakang keluarga yang berbeda-beda. Instrumen penelitian terdiri dari angket persepsi siswa dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap pembelajaran outdoor, persepsi positif siswa untuk indikator tujuan pembelajaran outdoor mencapai 75%, manfaat pembelajaran outdoor subjek berpersepsi positif mencapai 88%, kelebihan pembelajaran outdoor subjek berpersepsi positif mencapai 90%, dan kekurangan pembelajaran outdoor subjek berpersepsi positif mencapai 80%. Persepsi negatif siswa untuk indikator tujuan pembelajaran outdoor subjek berpersepsi negatif mencapai 25%, manfaat pembelajaran outdoor subjek berpersepsi negatif mencapai 11%, kelebihan pembelajaran outdoor subjek berpersepsi negatif mencapai 10%, dan kekurangan pembelajaran outdoor subjek berpersepsi negatif mencapai 16%. Ada pun faktor yang mempengaruhi terjadinya perbedaan persepsi tersebut yaitu pengalaman, motivasi dan kepribadian siswa. Diharapkan peran serta guru untuk lebih membangun persepsi positif siswa terhadap pembelajaran yang dilaksanakan, sehingga mereka dapat mengembangkan pendapat sesuai dengan apa yang diinginkan agar suatu kegiatan pembelajaran nyaman bagi mereka.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ade Irma Suryani
Date Deposited: 23 Feb 2018 02:19
Last Modified: 23 Feb 2018 02:19
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3398

Actions (login required)

View Item View Item