PENGARUH LAYAYAN INFORMASI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG BAHAYA CYBERBULLYING KELAS VIII SMP N 24 KOTA JAMBI

SYAKHRONI, EDY (2022) PENGARUH LAYAYAN INFORMASI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG BAHAYA CYBERBULLYING KELAS VIII SMP N 24 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (893kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (112kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB)

Abstract

ABSTRAK Syakhroni, Edy. 2021.Pengaruh layanan Informasi Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Bahaya CyberBullying. Skripsi. Pembimbing I Drs. Rasimin, M.Pd, Pembimbing II Affan Yusra, S.Pd,. M.Pd Pengunaan media sosial secara berlebihan bisa berdampak buruk bagi perkembangan siswa apabila hal itu tidak dibatasi, salah satunya bisa memicu terjadi tindakan cyberbullying. Cyberbullying merupakan perilaku yang terjadi secara berulang melecehkan, menghina atau mengejek orang lain menggunakan jejaring sosial internet. untuk itu demi mencegah terjadinya Cyberbullying peneliti bermaksud memberi bantuan kepada peserta didik melalui layanan-layanan yang ada di bimbingan konseling seperti layanan informasi yang bertjuan untuk melihat, seberapa besar pengaruh layanan informasi terhadap meninggkatnya pemahaman siswa tentang cyberbullying guna mencegah terjadinya cyberbullying di SMPN 24 Kota jambi. hasil wawancara yang telah di lakukan pada tanggal 05 januari 2021 menunjukan bahwa masih adanya penomena cyberbullying di SMPN 24 Kota Jambi seperti siswa yang sering mendapatkan pesan ancaman dari sesama teman, mendapatkan komentar yang buruk saat memposting sesuatu, dan mendapat pencemaran nama baik di media sosial. untuk itu peneliti tertarik untuk melakukan layanan informasi dengan tema Cyberbullying di SMPN 24 Kota Jambi. Penelitian ini termasuk dalam penelitian quasi-experimental design atau eksperimen semu yang memberikan perlakukan terhadap dua kelompok dengan metode yang berbeda-beda. teknik penarikan sample menggunakan teknik random sampling acak sederhana, yang menjadi populasi sebanyak 200 orang siswa kelas VIII kemudian dilakukan penarikan sample yang menjadi 60 orang siswa dibagi menjadi 2 kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, Teknik pengumpulan data melaui metode wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. teknik analisis data yang digunakan seperti KIN (Kontinum Interval Normatif) untuk mencari banyaknya kelas interval, uji normalitas sebagai prasyarat untuk melakukan uji T-Test. Berdasarkan perlakuan yang telah dilakukan terhadap 2 kelompok eksperimen dan kelompok kontrol mengunakan metode yang berbeda-beda yaitu Metode Mind Mapping dan metode ceramah tanya jawab melalui layanan infromasi, dapat dilihat hasil uji T-test dengan Thitung sebesar 2,999 adapun nilai Ttabel sebesar 2000. bisa disimpulkan bahwa Thitung lebih besar dari Ttabel yang artinya terdapat perbedaan peningkatan antara kelompok Eksperimen dan kelompok kontrol dalam memahami cyberbullying. berdasarkan hasil tersebut hipotesis yang mengatakan bahwa Layanan informasi berpengaruh dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang Cyberbullying, dapat diterima. Kata Kunci : Layanan Informasi; Cyber Bullying

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Layanan Informasi; Cyber Bullying
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: SYAKHRONI
Date Deposited: 02 Jun 2022 07:39
Last Modified: 02 Jun 2022 07:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33980

Actions (login required)

View Item View Item