PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DI KELAS XI SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI

ILHAM, BILLY (2022) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DI KELAS XI SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (25kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (368kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (265kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)

Abstract

ABSTRAK Billy Ilham. 2022. “Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Di Kelas XI SMA Negeri 11 Kota Jambi. Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Drs. Rasimin, M.Pd, Pembimbing II Rully Andi Yaksa, S.Pd., M.Pd Latar belakang penelitian ini yaitu setelah melalui layanan konseling individu yang dilaksanakan oleh guru bimbingan konseling, masih terdapat kemandirian siswa kurang terlihat. Padahal kemandirian siswa sangat berperan dalam prestasi belajar, hal ini tidak sepenuhnya bergantung kepada orangtua semata. Fakta yang peneliti temukan di SMA Negeri 11 Kota Jambi terlihat siswa tidak memiliki percaya diri yag baik, disiplin belajar siswa kurang, tidak memiliki inisiatif belajar sendiri dan kurang bertangung jawab terhadap tugas-tugas yang di berikan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap pembelajaran daring di kelas XI SMA Negeri 11 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto. Jumlah sampel pada penelitian ini yaitu 75 orang sampel. Berdasarkan hasil penelitian untuk data angket kemandirian belajar dengan jumlah sampel 75 orang kemudian didapatkan rata-rata nilai 16,79 dan simpangan baku 3,37, nilai tertinggi yang didapatkan 21 dan terendah 5. Untuk data angket pembelajaran daring dengan jumlah sampel 75 orang kemudian didapatkan rata-rata nilai 12,57 dan simpangan baku 1,58, nilai tertinggi yang didapatkan 16 dan terendah 9. Persentase variabel kemandirian belajar diperoleh adalah sebesar 1679 dengan besarnya nilai persentase rata-rata yang diperoleh adalah 72.99%. Dengan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa kuwalitas kemandirian belajar siwa berada pada kualitas yang baik. Persentase variabel pembelajaran daring rata-rata yang diperoleh adalah 69,85%. Dengan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa kualitas pembelajaran daring berada pada kualitas sedang. Untuk uji normalitas Lo < Ltabel, maka data dari kedua variabel memiliki distribusi data yang normal karena, untuk data angket kemandirian belajar Lo (0.0,0485) < Ltabel (0,1023), sedangkan data pembelajaran daring didapat Lo (0,0689) < Ltabel (0,1023). Dengan menggunakan rumus (n-2) 30–2 = 28 pada α = 0,05, maka dilihat bahwa r_(hitung=) 0.3259913 > α = 0,05 maka terdapat pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Daring di kelas XI SMA Negeri 11 Kota Jambi. Simpulan penelitian ini yaitu, kemandirian belajar di kelas XI SMA Negeri 11 Kota Jambi berada pada kategori yang baik 72.99%. Pembelajaran daring di kelas XI SMA Negeri 11 Kota Jambi berada pada kategori sedang 69,85%. Terdapat pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap pembelajaran daring di kelas XI SMA Negeri 11 Kota Jambi. Saran dalam penelitian ini yaitu siswa hendaknya selalu memperhatikan dan meningkatkan kemandirian belajar guna memperoleh hasil belajar yang baik. Hendaknya orang tua siswa memperhatikan kegiatan belajar siswa baik dirumah dan diluar rumah dan membiasakan siswa untuk melakukan kegiatan belajar secara mandiri, agar anak memiliki kemandirian belajar yang bisa meningkatkan hasil belajar, Kata Kunci: Kemandirian Belajar Siswa, Pembelajaran Daring

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Belajar Siswa, Pembelajaran Daring
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: ILHAM
Date Deposited: 02 Jun 2022 06:54
Last Modified: 02 Jun 2022 06:54
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/33981

Actions (login required)

View Item View Item