IDENTIFIKASI TINGKAT NILAI-NILAI KARAKTER PADA SISWA DI SMP NEGERI 17 KOTA JAMBI

NURMALIA, NIA (2022) IDENTIFIKASI TINGKAT NILAI-NILAI KARAKTER PADA SISWA DI SMP NEGERI 17 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (112kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (867kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (78kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB)

Abstract

ABSTRAK Judul :Identifikasi Tingkat Nilai-Nilai Karakter Pada Siswa Di SMP Negeri 17 Kota Jambi Oleh : Nia Nurmalia NIM : RRA1E115039 Pembimbing : 1. Drs. Rasimin, M.Pd. 2. Dr. Siti Amanah, S.Pd, M.Pd Pembentukan karakter di mulai dari fitrah yang diberikan oleh Tuhan yang kemudian membentuk jati diri perilaku. Sekolah dan masyarakat sebagai bagian dari lingkungan memiliki peranyang sangat penting, oleh karena itu setiap sekolah dan masyarakat harus memiliki kedisiplinan dan kebiasaan mengenai karakter yang akan di bentuk. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan tingkatan nilai-nilai karakter siswa kelas 7 di SMP Negeri 17 Kota Jambi yang berkaitan dengan aspek percaya diri, disiplin, mandiri, komunikatif, dan tanggung jawab. Metode pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 7 dengan total 298 orang siswa yang yang berasal dari 9 kelas 7 SMPN 17 Kota Jambi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan tekhnik simple random sampling dalam menentukan sampel. Hasil pada penelitian ini menunjukan, nilai-nilai karakter pada siswa kelas 7 di SMP Negeri 17 Kota Jambi berada pada kategori “tinggi” dengan persentase 85,07%. Hasil analisis pengolahan item per-indikator memperoleh hasil tingkatan nilai karakter jujur siswa kelas 7 di SMP Negeri 17 Kota Jambi termasuk pada klasifikasi “tinggi” dengan perolehan persentase sebesar 84,50%, tingkatan nilai karakter siswa dalam menghargai prestasi termasuk pada klasifikasi “Tinggi” dengan perolehan persentase sebesar 83,25%, tingkatan nilai karakter siswa disiplin termasuk pada klasifikasi “Tinggi” dengan perolehan persentase sebesar 85,51%, tingkatan nilai karakter siswa mandiri termasuk pada klasifikasi “Tinggi” dengan perolehan persentase sebesar 80,28%, tingkatan nilai karakter siswa komunikatif termasuk pada klasifikasi “Tinggi” dengan perolehan persentase sebesar 88,38%, tingkatan nilai karakter siswa bertanggung jawab termasuk pada klasifikasi “Tinggi” dengan perolehan persentase sebesar 86,31%. Kata Kunci : Nilai-nilai Karakter

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Nurmalia
Date Deposited: 02 Jun 2022 07:39
Last Modified: 02 Jun 2022 07:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34016

Actions (login required)

View Item View Item