PROFIL KEMAMPUAN BERNALAR SISWA SMP SE-KOTA JAMBI

Yediarani, Rivani Dita and Maison, Maison and Syarkowi, Ahmad PROFIL KEMAMPUAN BERNALAR SISWA SMP SE-KOTA JAMBI. jurnal untidar. (Unpublished)

[img] Text
ARTIKEL RIVANI DITA(RRA1C313015).pdf

Download (688kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui profil kemampuan bernalar ilmiah siswa SMP Se-kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, adapun desain penelitiannya menggunakan survei type cross sectional design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMP di Kota Jambi dengan jumlah keseluruhan adalah 25.789 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 1146 siswa yang berasal dari 15 sekolah dengan tingkat akreditasi berbeda. Teknik Pengumpulan data penelitian ini menggunakan soal tes kemampuan penalaran dari lawson’s classroom test of scientific reasoning (CTSR) tahun 2000. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 100% sampel berprofil konkrit. Dengan kemampuan Conservation of matter and volume sebagai kemampuan yang paling banyak dimiliki oleh siswa dengan persentase sebesar 16,1% dan kemampuan yang paling rendah yaitu kemampuan Proportional reasoning dengan persentase sebesar 3,0%. Hal ini menunjukkan bahwa siswa belum bisa menggunakan nalar mereka untuk hal-hal yang abstrak. Secara umum tidak ada kemampuan bernalar yang memiliki persentase di atas 50% ini menandakan bahwa kemampuan bernalar siswa SMP masih sangat rendah dan mendasar. Kata Kunci: Profil, bernalar Ilmiah, SMP, Kota Jambi

Type: Article
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: RDY RIVANI DITA YEDIARANI
Date Deposited: 26 Feb 2018 01:24
Last Modified: 26 Feb 2018 01:24
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3403

Actions (login required)

View Item View Item