PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TOLAK PELURU PADA SISWA KELAS VII SMPN 6 KOTA JAMBI

WARNIATI, WARNIATI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TOLAK PELURU PADA SISWA KELAS VII SMPN 6 KOTA JAMBI. S2 thesis, Pascasarjana Teknologi Pendidikan.

[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (262kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (10kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (269kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (38kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (474kB)
[img] Text
Halaman persetujuan Pembimbing.pdf

Download (221kB)

Abstract

ABSTRAK Warniati, 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran Tolak Peluru Pada Siswa Kelas VII SMPN 6 Kota Jambi”, Program Studi Magister Teknologi Pendidikan Program Pasca Sarjana, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Ilham, M.Kes, Pembimbing (II) Dr. Ugi Nugraha, M.Pd. Penelitian Pengembangan ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan media pembelajaran tolak peluru di SMPN 6 kota Jambi, (2) Mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran Tolak peluru. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Borg and Gall, model ini terdiri dari Pengumpulan data, perencana, pengembangan draf produk awal, uji coba lapangan awal, revisi lapangan awal, uji lapangan lebih luas, penyempurnaan produk hasil uji lapangan, uji pelaksanaan lapangan penyempurnaan lapangan, penyempurnaan produk akhir, diseminasi dan implementasi.Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa: (1) proses pengembangan media pembelajaran tolak peluru dengan menggunakan peluru modifikasi dilakukan dengan beberapa tahapaan, yaitu: 1) Hasil validasi ahli materi dan validasi tahap I diperoleh hasil persentase sebesar 82%, kriteria layak dengan perbaikan, kemudian dilakukan perbaikan sesuai dengan saran dari ahli materi dan dilakukan validasi tahap II diperoleh hasil persentase 85%, kriteria sangat layak, 2) hasil validasi ahli media dari validasi tahap I diperoleh persentase 85%, kriteria layak dengan perbaikan , kemudian dilakukan perbaikan sesuai saran dari ahli media dan dilakukan validasi tahap II diperoleh hasil persentase 90%, kriteria sangat layak; (2) keefektifan media pembelajaran tolak peluru yang dimodifikasi berdasarkan uji coba lapangan meliputi uji coba guru PJOK diperoleh hasil persentase 90,83%, kriteria sangat layak, (3) penggunaan media pembelajaran tolak peluru dengan menggunakan peluru modifikasi berdasarkan uji coba lapangan meliputi: 1) Uji coba skala kecil yaitu 15 orang siswa kelas VII hasil persentase 88,53%, kriteria sangat layak, 2) uji coba skala besar yaitu 30 orang siswa kelas VII hasil persentase 89%, kriteria sangat layak.Dari pengembangan Media pembelajaran ini telah dihasilkan peluru dari kayu, peluru dari kertas bekas, peluru dari tali rapia, peluru dari karet bekas dan peluru dari Balon yang diisi pasir. Pengembangan ini telah membuktikan bahwa media pembelajaran tolak peluru yang dimodifikasi untuk siswa SMP kelas VII layak, efektif dan baik. Berdasarkan hal tersebut, pengembang menyarankan kepada berbagai pihak terutama guru PJOK pada tingkat SMP/MTS kelas VII agar menggunakan media pembelajaran tolak peluru dengan menggunakan peluru yang dimodifikasi sebagai media pembelajaran. Kata Kunci : Pengembangan, modifikasi alat, tolak peluru

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Warniati
Date Deposited: 06 Jun 2022 06:43
Last Modified: 06 Jun 2022 06:43
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34100

Actions (login required)

View Item View Item