Darmaji, Darmaji and Astalini, Astalini and Armandita, Puspa and Maison, Maison PENUNTUN PRAKTIKUM VISKOSITAS BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING. Jurnal Ilmu Pendidikan. ISSN 0215-9643 (Submitted)
Text
ARTIKEL ILMIAH_PENUNTUN PRAKTIKUM VISKOSITAS BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING.pdf Download (853kB) |
Abstract
Keterampilan proses sains merupakan keterampilan yang mampu menemukan dan mengembangkan fakta maupun konsep, penumbuhan dan pengembangan sikap serta nilai. Keterampilan proses sains akan berkontribusi secara produktif terhadap keunggulan dalam bidang pendidikan dan dapat diwujudkan dengan mengikuti penyelidikan di laboratorium sains. Untuk mendukung penyelidikan tersebut perlu adanya penuntun praktikum berbasis keterampilan proses sains, dilakukan suatu pengembangan pedoman praktikum berbasis keterampilan proses sains dengan model discovery learning. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan penuntun berbasis keterampilan proses sains dengan model discovery learning dan untuk mengetahui respon mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Borg & Gall. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar validasi dan angket respon serta data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif kemudian dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil validasi menunjukkan bahwa untuk materi dikategorikan sangat baik dengan skor 3,34 dan untuk media dikategorikan baik dengan skor 3,27. Respon mahasiswa juga menyatakan bahwa penuntun yang dikembangkan dikategorikan baik
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | PUSPA ARMANDITA |
Date Deposited: | 26 Feb 2018 01:24 |
Last Modified: | 26 Feb 2018 01:24 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3411 |
Actions (login required)
View Item |