PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN INVESTIGASI DAN PENDEKATAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KREATIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK SMP

Elvira, Ulfa (2022) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN INVESTIGASI DAN PENDEKATAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KREATIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK SMP. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (204kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN, PERSETUJUAN, PERNYATAAN.pdf

Download (817kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (306kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (384kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (584kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (708kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (415kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (450kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Ulfa Elvira, 2022. Pengaruh Penerapan Pendekatan Investigasi dan Pendekatan Inkuiri Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Peserta Didik SMP, Prodi Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Dr. Drs. Syaiful, M.Pd. (II) Prof. Drs. Maison, Ph.D. Latar belakang pada penelitian ini terdapat pemecahan masalah matematika peserta didik rendah dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui seberapa pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran terdiri dari pendekatan investigasi, inkuiri, dan konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik, dan pengaruh kreativitas belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik serta interaksi antara pendekatan dan kreativitas belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Pada penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan The Pretest Postest Design with Nonequivalent Groups. Populasi pada penelitian ini seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Kota Jambi tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 352 peserta didik yang terbagi menjadi 11 kelas. Dalam penelitian ini, sampel yang digunakan adalah kelas VII-A yang terdiri dari 34 peserta didik, kelas VII-C terdiri dari 33 peserta didik, dan kelas VII-F yang terdiri dari 32 peserta didik. Teknik dalam pengambilan sampel menggunakan sample random sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini merupakan angket kreativitas belajar dan tes pemecahan asalah matematika. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis menggunakan uji ANOVA dua jalur. Hasil penelitian ini didapatkan nilai sig 0,045<0,05 dengan demikian terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah peserta didik dipengaruhi oleh pendekatan pembelajaran dan kreativitas belajar matematika yang dilaksanakan secara bersamaan. Kata Kunci : Pendekatan Pembelajaran, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Kreativitas Belajar

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Pembelajaran, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Kreativitas Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Elvira
Date Deposited: 02 Jun 2022 06:38
Last Modified: 02 Jun 2022 06:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34117

Actions (login required)

View Item View Item