Astalini, Astalini and Darmaji, Darmaji and Sefiah Indrawati, Peni PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM FISIKA DASAR I BERBASIS KPS DAN PBL PADA MATERI KERAPATAN. Sosiohumanika. (Submitted)
Text
ARTIKEL PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM FISIKA DASAR I BERBASIS KPS DAN PBL PADA MATERI KERAPATAN.pdf Download (573kB) |
Abstract
Keterampilan Proses sains dapat dilihat dari kegiatan praktikum yang dapat ditunjang menggunakan penuntun praktikum berbasis Problem Based Learning. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah mengembangkan penuntun praktikum Fisika Dasar I berbasis keterampilan proses sains dengan menggunakan model Problem Based Learning pada materi kerapatan dan mengetahui respons mahasiswa terhadap penuntun praktikum tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE. Subjek uji coba kelompok kecil pada penelitian ini adalah mahasis wa Pendidikan Fisika yang telah mengontrak Fisika Dasar I. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket validasi ahli, angket respon mahasiswa dan lembar observasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa penuntun praktikum telah sesuai dengan RPS, langkah-langkah pada model Problem Based Learning dan keterampilan proses sains. Desain penuntun praktikum berupa warna, gambar dan urutan penyajian telah sesuai. Hasil uji respon terhadap penuntun praktikum secara keseluruhan sebesar 3,07 dengan kategori baik sehingga penuntun praktikum dinyatakan valid dan layak digunakan.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | PENI SEFIAH INDRAWATI |
Date Deposited: | 26 Feb 2018 01:24 |
Last Modified: | 26 Feb 2018 01:24 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3412 |
Actions (login required)
View Item |