Pengaruh Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Fabel Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kota Jambi:

Agusti, Sevia della (2022) Pengaruh Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Fabel Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kota Jambi:. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
BAB I-1.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB II della1.pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB II(1).pdf

Download (274kB)
[img] Text
BAB IV della.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB V(1).pdf

Download (199kB)
[img] Text
ABSTRAK(1).pdf

Download (199kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (201kB)
[img] Text
DAFTAR ISI(2).pdf

Download (319kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR(1).pdf

Download (196kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Agusti, Sevia della. 2022.: Pengaruh Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Fabel Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan sastra, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Imam Suwardi Wibowo, M.Pd., (II) Hilman Yusra, S.Pd. M.Pd Kata kunci: media Audiovisual, kemampuan, menulis, teks Fabel. Penelitian ini bertujuan untuk meihat bagaimana Pengaruh Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Fabel Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Kota Jambi Tahun pembelajaran 2022/2023. Kemampuan menulis teks fabel siswa dilakukan dengan kelas eksperimen dengan melakukan pre-test dan post-test, peneliti ingin mengetahui seberapa pengaruhnya media audiovisual terhadap kemampuan menulis teks fabel. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kota Jambi yang berjumlah 296 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII -C yang berjumlah 30 siswa. Metode penelitian ini adalah metode pra-experimental desain dengan bentuk one group pre-test post-test design menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini menggunakan rancangan pre-test-post-test tanpa adanya kelas kontrol. Melakukan pre-test dan post-test dalam satu kelas, sebelum itu guru memberikan pengetahuan awal mengenai pengertian teks fabel agar siswa tidak kebingungan. Hasil penelitian ini berupa nilai siswa yang dipengaruhi dari kemampuan menulis teks fabel menggunakan media audiovisual siswa kelas VII-C SMP Negeri 1 Kota Jambi, analisis data dengan menggunakan program aplikasi SPSS 21. Nilai rata-rata pre-test adalah 11,23 sedangkan nilai rata-rata post-test adalah 17,3. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata post-test lebih tinggi dari pada nilai rata-rata pre-test. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t. dari perhitungan hasil uji-t terhadap data pre-test dan post-test hasil dari Pengaruh Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Fabel Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Kota Jambi diperoleh nilai sign. 0,370 > 0,05. Diketahui bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 <0,005, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata antara hasil kemampuan menulis teks fabel pada data pre-test dan post-test. Jadi, dapat disimpulkan bahwa jawaban dari permasalahan, yaitu ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan media audiovisual terhadap kemampuan menulis teks fabel siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Kota Jambi dengan demikian Hipoteisis alternatif (H1) dapat diterima. Hal ini membuktikan bahwa media audiovisual efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks fabel. Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audiovisual berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks fabel siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: media Audiovisual, kemampuan, menulis, teks Fabel.
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Agusti
Date Deposited: 02 Jun 2022 06:30
Last Modified: 02 Jun 2022 06:30
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34122

Actions (login required)

View Item View Item