Pengembangan Penuntun Praktikum Fisika Dasar I Materi Gesekan Berbasis Keterampilan Proses Sains Menggunakan Model Problem Solving

Darmaji, Darmaji and Astalini, Astalini and Rahayu, Ani and Maison, Maison Pengembangan Penuntun Praktikum Fisika Dasar I Materi Gesekan Berbasis Keterampilan Proses Sains Menggunakan Model Problem Solving. edusains. (Submitted)

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (499kB)

Abstract

Berdasarkan hasil dari beberapa penelitian mengenai analisis kemampuan awal keterampilan proses sains mahasiswa baru tahun 2016/2017 menunjukkan bahwa keterampilan mahasiswa dalam melaksanakan praktikum tergolong rendah. Oleh karena itu diperlukan pengembangan penuntun berbasis Keterampilan Proses Sains (KPS) dan menggunakan model salah satunya problem solving. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil pengembangan penuntun praktikum Fisika Dasar I berbasis KPS dengan menggunakan problem solving pada materi gesekan dan untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap penuntun yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Borg and Gall. Tahapan penelitian meliputi studi pendahuluan, desain produk, hasil validasi, dan hasil uji coba. Subjek uji coba penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan Fisika yang telah mengontrak mata kuliah Fisika Dasar I. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli dan angket respon. Teknik analisis data dari validator yang dilakukan secara deskriptif kualitatif. Sedangkan skor angket respon dilakukan secara statistik deskriptif. Hasil validasi ahli menyatakan bahwa materi telah sesuai dengan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan kegiatan dalam penuntun praktikum telah sesuai dengan langkah-langkah problem solving dan berbasis keterampilan proses sains. Hasil uji respon diperoleh rata-rata adalah 3.1 (baik).

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ANI RAHAYU
Date Deposited: 26 Feb 2018 01:24
Last Modified: 26 Feb 2018 01:24
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3413

Actions (login required)

View Item View Item