Yanta Krisna, Alwandi (2022) MENGONSTRUKSI RANCANGAN PEMBELAJARAN TEKS KARYA ILMIAH MENGGUNAKAN INDIKATOR BERPIKIR KRITIS DI SMA NEGERI 4 MUARO JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (112kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (317kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (13kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (80kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN (1).pdf Download (864kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Alwandi Yanta Krisna. 2022. Mengonstruksi Rancangan Pembelajaran Teks Karya Ilmiah Menggunakan Indikator Berpikir Kritis di SMA Negeri 4 Muaro Jambi. Skripsi, jurusan pendidikan bahasa dan sastra indonesia, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dra. Rasdawita, MM. Pembimbing (II) Drs. Eddy Pahar Harahap, M.Pd. Kata Kunci: Teks Karya Ilmiah, Berpikir Kritis, Rancangan Pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana guru mengonstruksi rancangan pembelajaran teks karya ilmiah menggunakan indikator berpikir kritis di SMA Negeri 4 Muaro Jambi. Teks yang baik harus mengungkapkan gagasan-gagasan dalam kehidupan. Teks karya ilmiah adalah suatu karya tulis yang dilakukan dalam bentuk pemecahan masalah dengan didasari landasan teori dan juga langkah-langkah ilmiah di dalamnya. Umumnya dalam teks karya ilmiah menunjuka fenomena berupa fakta, data, dan juga solusi dalam pemecahan masalah. Pada kesempatan kali ini peneliti memilih SMA Negeri 4 Muaro Jambi. Alasan peneliti memilih SMA Negeri 4 Muaro Jambi karena penelitian ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan mengenai cara guru mengonstruksi rancangan pembelajaran. Peneliti juga memilih guru mata pelajaran bahasa Indonesia kelas XI sebagai subjek penelitian karena materi teks karya ilmiah merupakan materi yang muncul di kelas XI. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan pengumpulan data, kemudian analisis data. hasil penelitian yang telah dikaji dapat disimpulkan bahwa bagaimana guru mengontruksi rancangan pembelajaran teks karya ilmiah menggunakan indikator berpikir kritis di SMA Negeri 4 Muaro Jambi adalah Guru telah membuat rancangan pembelajaran menggunakan indikator berpikir kritis, indikator berpikir kritis digunakan lebih berfokus terhadap langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang terdapat dalam RPP yang tentunya berorientasi pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teks Karya Ilmiah, Berpikir Kritis, Rancangan Pembelajaran |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works Universitas Jambi (UNJA) > Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | krisna |
Date Deposited: | 06 Jun 2022 02:12 |
Last Modified: | 06 Jun 2022 02:12 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34159 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |