PENGEMBANGAN INSTRUMEN SIKAP MAHASISWA TERHADAP MATA KULIAH FISIKA MATEMATIKA

Astalini, Astalini and Maison, Maison and Ikhlas, Muhammad and agus kurniawan, dwi PENGEMBANGAN INSTRUMEN SIKAP MAHASISWA TERHADAP MATA KULIAH FISIKA MATEMATIKA. Edusains. (Submitted)

[img] Text
PENGEMBANGAN INSTRUMEN SIKAP MAHASISWA TERHADAP MATA KULIAH FISIKA MATEMATIKA.pdf

Download (469kB)

Abstract

Sikap dalam kegiatan perkuliahan di perguruan tinggi sangatlah penting. Sikap dalam perkuliahan dapat mempengaruhi keberhasilan mahasiswa dalam mengikuti proses perkuliahan, demikian juga dengan sikap mahasiswa dalam perkuliahan Fisika Matematika. Untuk mengetahui sikap tersebut diperlukan sebuah instrument. Namun pada kenyataannya, sulit sekali mencari instrumen penilaian sikap terhadap mata kuliah Fisika Matematika. Oleh karena itu, dilakukan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian sikap mahasiswa terhadap mata kuliah Fisika Matematika. Jenis penelian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development/R&D) yang dikembangkan oleh Sugiyono (2016). Uji coba dilakukan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas dari angket. Hasil uji coba angket yang telah disebar kepada 46 mahasiswa yang telah mengontrak mata kuliah fisika matematika dianalisis dengan menggunakan teknik Partial Least Square (PLS).Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan, diperoleh 7 indikator angket yang terdiri dari 61 item pernyataan yang valid. Berdasarkan analisis angket memliliki validitas yang baik untuk setiap item pertanyaan. Koefisien reliabilitas tiap indikator yang diperoleh ialah sebesar 0,927; 0,951; 0,921; 0,929; 0,963; 0,944; 0,962.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Physics
Depositing User: MUHAMMAD IKHLAS
Date Deposited: 26 Feb 2018 09:19
Last Modified: 26 Feb 2018 09:19
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3417

Actions (login required)

View Item View Item