PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI PADA SMARTPHONE ANDROID DILENGKAPI GAME TWOPLAYER TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA

Solehah, Siti PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI PADA SMARTPHONE ANDROID DILENGKAPI GAME TWOPLAYER TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika. (Submitted)

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (331kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi pada smartphone android dilengkapi game twoplayer terhadap hasil kognitif belajar siswa. Penelitian ini menggunakan mixed methods research design dengan tipe explanatory design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPA SMA N 11 Kota Jambi. Sampel yang digunakan pada penelitian ini ada dua kelas yaitu kelas XII IPA 2 sebagai kelas kontrol dan XII IPA 4 kelas eksperimen. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes, obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan besarnya nilai Sig. (1-tailed) 0,0015 < 0,05 dengan df= 71. Dengan demikian, hasil uji-t tersebut dapat disimpulakn bahwa menunjukan terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang signifikan antara kelompok eksperimen yang menggunakan media pembelajaran bebasis android dan kelompok control. Dengan mengguanakan aplikasi android ini siswa menjadi lebih bersemangat untuk menggali informasi lebih dalam.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: SITI SOLEHAH
Date Deposited: 26 Feb 2018 09:19
Last Modified: 26 Feb 2018 09:19
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3418

Actions (login required)

View Item View Item