PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN LARI GAWANG DENGAN MENGGUNAKAN ALAT YANG DIMODIFIKASI UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

SINI SEA, NINE (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN LARI GAWANG DENGAN MENGGUNAKAN ALAT YANG DIMODIFIKASI UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. S2 thesis, TEKNOLOGI PENDIDIKAN KOSENTRASI PENJAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (20kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (176kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (257kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB)

Abstract

ABSTRAK Sinisea, Nine; 2022. “Pengembangan Video Pembelajaran Lari Gawang Dengan Menggunakan Alat yang Dimodifikasi Untuk Siswa Sekolah Dasar”, Program Studi Magister Teknologi Pendidikan Kosentrasi Pendidikan Jasmani Universitas Jambi, Tesis, Pembimbing: (I) Dr. Atri Widowati, M.Or, Pembimbing (II) Akhmad Habibi, M.Pd.Ph.D. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) mengetahui performa dari pengembangan video pembelajaran lari gawang dengan menggunakan alat yang dimodifikasi untuk siswa sekolah dasar, (2) mengetahui keefektifan video pembelajaran lari gawang dengan menggunakan alat yang dimodifikasi untuk siswa sekolah dasar. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE (Analysis-Desain-Development-Implementation-Evaluation). Model ini terdiri dari lima tahap, yaitu : tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi dan tahap evaluasi. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa: (1) proses pengembangan video pembelajaran lari gawang dengan mengunakan alat yang dimodifikasi dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu: 1) hasil validasi ahli materi dari validasi tahap I diperoleh hasil persentase sebesar 64,6% dengan kriteria cukup layak, kemudian dilakukan perbaikan sesuai dengan saran ahli materi dan dilakukan validasi tahap II diperoleh hasil persentase 92,3% dengan kriteria sangat layak, 2) hasil validasi ahli media dari validasi tahap I di peroleh hasil persentase sebesar 66,3 % dengan kriteria cukup layak, kemudian dilakukan perbaikan sesuai dengan saran ahli media dan dilakukan validasi tahap II diperoleh hasil persentase 71,6% dengan kriteria layak; (2) keefektifan video pembelajaran lari gawang dengan menggunakan alat yang dimodifikasi berdasarkan hasil uji coba lapangan, meliputi uji coba guru PJOK diperoleh 93% dengan kriteria sangat layak, (3) penggunaan video pembelajaran lari gawang dengan menggunakan alat yang dimodifikasi berdasarkan uji coba lapangan, meliputi:1) uji coba kelompok kecil yaitu 10 siswa diperoleh hasil 82,8% dengan kriteria layak, 2) uji coba kelompok besar dengan 25 siswa kelas IV di SD Negeri 205/IV Kota Jambi, diperoleh hasil 87,7% dengan kriteria layak. Pengembangan ini telah membuktikan bahwa video pembelajaran lari gawang dengan menggunakan alat yang dimodifikasi untuk siswa sekolah dasar layak, efektif dan baik. Berdasarkan hal tersebut, pengembang menyarankan kepada berbagai pihak terutama guru PJOK pada tingkat SD/Mi kelas IV agar menggunakan video pembelajaran lari gawang dengan menggunakan alat yang dimodifikasi sebagai media pembelajaran. Kata Kunci : pengembangan, video, lari gawang

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: SEA
Date Deposited: 06 Jun 2022 06:43
Last Modified: 06 Jun 2022 06:43
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34184

Actions (login required)

View Item View Item