Efektivitas Penggunaan Rapor Kurikulum 2013 Berbasis Aplikasi Dalam Menilai Hasil Belajar Peserta Didik SMP Negeri 16 Kota Jambi

Hudaida, Aprilia (2022) Efektivitas Penggunaan Rapor Kurikulum 2013 Berbasis Aplikasi Dalam Menilai Hasil Belajar Peserta Didik SMP Negeri 16 Kota Jambi. S2 thesis, Ranah Reseach.

[img] Text
COVER.pdf

Download (182kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN KATA PENGANTAR.pdf

Download (767kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (150kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (264kB)
Official URL: https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/art...

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan rapor kurikulum 2013 berbasis aplikasi dalam mengolah nilai hasil belajar peserta didik, mendeskripsikan kendala yang terjadi pada penggunaan rapor kurikulum 2013 berbasis aplikasi dalam mengolah nilai hasil belajar peserta didik, mendeskripsikan solusi yang diambil guru dalam menghadapi kendala pada proses penggunaan rapor kurikulum 2013 berbasis aplikasi dalam mengolah nilai hasil belajar peserta didik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini tergolong jenis penelitian studi kasus Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan penulis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data penulis menggunakan triangulasi yang dalam hal ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan pertama, penggunaan rapor kurikulum 2013 berbasis aplikasi dalam mengolah nilai hasil belajar peserta didik. Aplikasi Rapor di terapkan untuk membantu guru dan satuan pendidikan dalam tahapan penilaian hasil belajar peserta didik hingga tahap pelaporan. Rapor berisi informasi tentang pencapaian kompetensi yang telah ditetapkan dalam kurikulum. Nilai rapor adalah nilai mata pelajaran yang mengggambarkan kemampuan peserta didik. Nilai tersebut diperoleh dari dengan cara menggabungkan nilai proses (nilai harian, tugas, dan pengamatan) dan nilai akhir (nilai UTS dan UAS). Aplikasi rapor sangat efektif digunakan untuk pengolahan nilai di SMP N 16 Kota Jambi. Kedua, Kendala yang terjadi pada penggunaan rapor kurikulum 2013 berbasis aplikasi dalam mengolah nilai hasil belajar peserta didik adalah kendala pertama guru kurang menguasai teknologi, kendala kedua adalah guru sulit mengidentifikasi penilaian sikap, kendala ketiga adalah terhambatnya perekapan niali dikarenakan guru mata pelajaran atau guru bidang studi terlambat mengirimkan nilai peserta didik, kendala keempat adalah guru kurang teliti dalam penginputan nilai rapor. Ketiga, Solusi yang diambil guru dalam menghadapi kendala pada proses penggunaan aplikasi rapor kurikulum 2013 berbasis aplikasi dalam mengolah nilai hasil belajar peserta didik adalah solusi pertama, diadakan pelatihana atau workshop. Solusi kedua adalah menyiapkan berbagai bentuk penilaian sikap untuk mempermudah setiap tahap penilaiannya. Solusi ketiga adalah menghubungi guru bidang studi atau guru mata pelajaran. Solusi keempat adalah memeriksa kembali masing-masing menu pengisian rapor.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Hudaida
Date Deposited: 22 Jun 2022 04:06
Last Modified: 22 Jun 2022 04:06
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34213

Actions (login required)

View Item View Item