Pengaruh Efikasi Diri dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Dalam Melanjutkan Studi S2 Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jambi

Winda, Nirmala (2022) Pengaruh Efikasi Diri dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Dalam Melanjutkan Studi S2 Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (387kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (151kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (297kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (378kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (498kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Winda, Nirmala. 2022. Pengaruh Efikasi Diri dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat dalam Melanjutkan Studi S2 pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jambi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (1) Drs. H. Arpizal, M.Pd. (2) Novia Sri Dwijayanti, S.Pd., M.Pd. Berdasarkan hasil observasi pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jambi angkatan 2018, masalah terkait minat mahasiswa dalam melanjutkan Studi S2, dimana sebanyak 65,6% (40 mahasiswa) tidak memiliki minat dalam melanjutkan Studi S2. Rendahnya minat yang dimaksud disebabkan oleh faktor berikut: yaitu dari 69,3% (39 mahasiswa) tidak memiliki keyakinan diri atas kemampuan yang dimiliki atau yang disebut efikasi diri dan dari 60,7% (37 mahasiswa) tidak ingin melanjutkan Studi S2 karena tidak adanya dukungan dari lingkungan keluarga. Jika semakin tinggi minat yang dimiliki mahasiswa maka akan semakin banyak pula cara yang akan ditempuh untuk mencapai keinginannya dalam melanjutkan Studi S2 tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan lingkungan keluarga baik secara parsial maupun simultan terhadap minat dalam melanjutkan Studi S2 pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini adalah penelitian populasi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jambi angkatan 2018. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Pengumpulan data menggunakan google formulir. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan program bantuan SPPS 21.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel efikasi diri secara parsial berpengaruh terhadap minat dalam melanjutkan Studi S2, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel atau 3,490 > 2,002. Variabel lingkungan keluarga secara parsial berpengaruh terhadap minat dalam melanjutkan Studi S2, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel atau 2,830 > 2,002. Variabel efikasi diri dan lingkungan keluarga secara simultan berpengaruh terhadap minat dalam melanjutkan Studi S2, hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel atau 22,764 > 3,16. Hasil koefisien determinasi (R2) sebesar 44,4%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel efikasi diri dan lingkungan keluarga terhadap minat dalam melanjutkan Studi S2 pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jambi. Peneliti menyarankan agar mahasiswa dapat meningkatkan efikasi diri dan dukungan dari lingkungan keluarga untuk melanjutkan Studi S2 agar menjadi sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing dalam dunia kerja serta peneliti berharap kepada peneliti selanjutnya untuk memperluas sampel dan menggunakan variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Efikasi diri, Lingkungan keluarga, Minat melanjutkan studi S2
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: winda
Date Deposited: 07 Jun 2022 03:14
Last Modified: 07 Jun 2022 03:14
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34218

Actions (login required)

View Item View Item