Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berupa Album Foto Morfologi Spora Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Sebagai Materi Pengayaan Mata Kuliah Taksonomi Tumbuhan

Andrian, Muhammad Ersan (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berupa Album Foto Morfologi Spora Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Sebagai Materi Pengayaan Mata Kuliah Taksonomi Tumbuhan. Biospesies. pp. 1-9.

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH Ersan (A1C411055) scan ttd.pdf

Download (759kB)

Abstract

Media mempunyai arti yang sangat penting dalam pendidikan, dengan menggunakan media, materi pembelajaran yang bersifat abstrak dapat ditampilkan dihadapan peserta didik. Media juga dapat membuat proses pembelajaran menjadi lebih menarik sehingga mudah diserap oleh peserta didik. Salah satu media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran adalah media cetak berupa album foto spora tumbuhan paku (Pteridophyta). Berdasarkan hasil observasi pada peserta didik di program studi pendidikan biologi Universitas Jambi, diperoleh informasi bahwa diperlukan media pembelajaran dalam proses pembelajaran Taksonomi Tumbuhan materi tumbuhan paku (Pteridophyta) dan utamanya pada spora pteridophyta. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran biologi sebagai materi pengayaan pada mata kuliah Taksonomi Tumbuhan. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang dikembangkan Lee dan Owen. Validator atas media pembelajaran biologi ini terdiri atas validator ahli media dan validator ahli materi. Subjek penelitiannya adalah 2 orang dosen pengampu mata kuliah Taksonomi Tumbuhan dan mahasiswa angkatan 2015 Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jambi yang terdiri atas kelompok kecil yang berjumlah 12 mahasiswa. Data hasil validasi ahli, tanggapan dosen dan mahasiswa sebagai pengguna dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Validasi oleh ahli media dilakukan sebanyak empat kali dengan validasi terakhir memperoleh skor 53 (88,33%) dengan kriteria “sangat baik”. Validasi oleh ahli materi dilakukan sebanyak tiga kali dengan validasi terakhir memperoleh skor 51 (85%) dengan kriteria “sangat baik” dari segi isi materi. Hasil ujicoba dosen pengampu mata kuliah Taksonomi Tumbuhan adalah 117 (91,40%) dengan kriteria “sangat baik”, Sedangkan skor persepsi kelompok kecil memperoleh skor 658 (85,67%) dengan kriteriai “sangat baik”. Dengan demikian, media pembelajaran biologi berupa album foto morfologi spora tumbuhan paku (Pteridophyta) sebagai materi pengayaan mata kuliah Taksonomi Tumbuhan dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran dan dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran mandiri mahasiswa.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: ?? sch_edu ??
Depositing User: MUHAMMAD ERSAN ANDRIAN
Date Deposited: 27 Feb 2018 07:37
Last Modified: 27 Feb 2018 07:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3426

Actions (login required)

View Item View Item