Hubungan Citra Diri (Self Image) terhadap Gaya Hidup Brand Minded pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi

Shielendra, Leonnyta Madeline (2022) Hubungan Citra Diri (Self Image) terhadap Gaya Hidup Brand Minded pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (40kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (61kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Hubungan Citra Diri (Self Image) terhadap Gaya Hidup Brand Minded pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi 1Leonnyta Madeline Shielendra, 2Verdiantika Annisa, 3Jelpa Periantalo 1Program Studi Psikologi, Universitas jambi/ leonnymadeline16@gmail.com 2Program Studi Psikologi, Universitas jambi/verdiantikaannisa@unja.ac.id 3Program Studi Psikologi, Universitas jambi/jelp.8487@unja.ac.id ABSTRAK Latar Belakang: Gaya hidup telah menjadi satu kesatuan melalui pertumbuhan zaman dan teknologi. Mahasiswa berada di tahap emerging adulthood yang ditunjukkan dengan menemukan identitas dan gaya hidup, dimana pada fase pencarian identitas mahasiswa mudah terpengaruh dengan lingkungan sosialnya. Salah satunya yaitu gaya hidup brand minded yang mengutamakan merek sebagai alat menaikkan citra diri dan status sosialnya. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini merupakan Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi yang memiliki rentang usia antara 17-21 tahun dengan total subjek penelitian sebanyak 451 mahasiswa yang diperoleh dengan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan secara online menggunakan Google Form. Teknik analisis data menggunakan metode korelasional Spearman’s Correlation. Hasil: Terdapat hubungan antara Citra Diri (Self Image) dengan Gaya Hidup Brand Minded pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi, dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0.545 dengan p sebesar 0,001 (p <0,05). Kesimpulan dan Saran: Gaya hidup brand minded dapat mempengaruhi citra diri seseorang. Terdapat beberapa faktor pendukung lainnya yaitu kontrol diri, konfromitas, pola hidup konsumtif, perilaku impulsive buying dan intensitas membeli produk. Kata Kunci : Citra Diri, Gaya Hidup Brand Minded, Mahasiswa The Relation Between Self Image and Brand Minded Lifestyle in Student from the Faculty of Medicine and Health Science Jambi University 1Leonnyta Madeline Shielendra, 2Verdiantika Annisa, 3Jelpa Periantalo 1Department of Psychology, Jambi University/ leonnymadeline16@gmail.com 2Department of Psychology, Jambi University/verdiantikaannisa@unja.ac.id 3Department of Psychology, Jambi University /jelp.8487@unja.ac.id ABSTRACT Background : Lifestyle has become a unity through the growth of times and technology. Students are in the emerging adulthood stage which is indicated by finding their identity and lifestyle, where in the identity search phase students are easily influenced by their social environment. One of them is a brand-minded lifestyle that prioritizes brands as a means of increasing self-image and social status. Methods : This research is a quantitative research with a correlational approach. The population in this research were students of the Faculty of Medicine and Health Sciences Jambi University, who had an age range of 17-21 years old with a total research subject of 451 students obtained using the Purposive Sampling technique. Data collection was done online using Google Form. The data analysis technique uses the Spearman’s Correlation method. Results : There’s a relationship between Self Image and Brand Minded Lifestyle in Student of the Faculty of Medicine and Health Sciences Jambi University with a correlation coefficient (r) of 0.545 with p of 0.001 (p <0.05). Conclusions and Suggestions : A brand-minded lifestyle can affect a person's self�image. There are several other supporting factors, like self-control, conformity, consumptive lifestyle, impulsive buying behavior and the intensity of buying products. Key Words : Self Image, Brand Minded Lifestyle, Students.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Citra Diri, Gaya Hidup Brand Minded, Mahasiswa Self Image, Brand Minded Lifestyle, Students.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Psikologi
Depositing User: SHIELENDRA
Date Deposited: 06 Jun 2022 06:33
Last Modified: 06 Jun 2022 06:33
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34264

Actions (login required)

View Item View Item