POLA PENEMPATAN DAN STRUKTUR SOSIAL PADA KOMPLEK MAKAM RAJA KESULTANAN INDRAGIRI

Tirta Aulia, Kurnia (2022) POLA PENEMPATAN DAN STRUKTUR SOSIAL PADA KOMPLEK MAKAM RAJA KESULTANAN INDRAGIRI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (27kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (46kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (65kB)
[img] Text
SKRIPSI KURNIA TIRTA AULIA I1C117030 (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (400kB)

Abstract

Indonesia merupakan negara yang masyarakatnya secara garis besar beragama islam. Islam sendiri merupakan agama yang sangat berbeda dari agama lain terutama dengan agama hindu dan buddha, dikarenakan Islam tidak hadir sebagai agama aristokratik dan kependetaan sebagaimana agama hindu dan budha. Oleh sebab itu Islam dapat diterima dengan mudah oleh bangsa melayu karena karakternya yang egaliter serta tidak mengenal adanya sistem kasta maupun kependetaan. Maka dari itu islam merupakan agama yang masyarakatnya memiliki kedudukan sama rata tanda adanya perbedaan kelas maupun kedudukan jabatan. Akan tetapi pernyataan tersebut masih banyak tidak diterapkan oleh masyarakat indonesia terutama pada makam kuno berforil agama islam yang mana mempunyai perbedaan dari kebanyakan makam masyarakat umum sekarang, yakni memiliki makna dan identitas tersendiri yang dilihat dari nisan dan posisi keletakan makam. hal yang sama dapat kita lihat pada komplek makam raja-raja kerajaan Indragiri dimana penempatan tersebut menunjukkan perbedaan posisi atau penempatan meskipun berada di kawasan yang sama. Hal tersebut ditunjukkan dengan terbentuknya pola-pola khusus dengan maksud dan tujuan tertentu pada komplek makam Narasinga II, Komplek Makam Raja dan Menteri Indragiri dan Komplek Makam Japura I di Kesultanan Indragiri yang tokoh sentral dari makam tersebut merupakan raja mempunyai pola penempatan tersendiri. Pola penempatan tersebut dilihat pada makam raja terpusat ditengah dan sekelilingnya bisa berupa permaisuri, keturunan raja, penggawa maupun pengikut raja yang ditempatkan berdasarkan kedekatannya masing-masing. Berdasarkan penempatan makam raja yang terpusat di bagian sentral dan makam yang berada didekatnya ditempatkan berdasarkan kedekatannya masing-masing dapat diketahui bahwa Komplek makam raja-raja di Kesultanan Indragiri masih tidak menerapkan konsep islam yang egaliter atau sama rata

Type: Thesis (S1)
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KZ Law of Nations
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: AULIA
Date Deposited: 07 Jun 2022 07:06
Last Modified: 07 Jun 2022 07:06
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34265

Actions (login required)

View Item View Item