PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LECTORA INSPIRE BERBENTUK CD PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA UNTUK SISWA KELAS XI SMA

Pratama, Budi (2018) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LECTORA INSPIRE BERBENTUK CD PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA UNTUK SISWA KELAS XI SMA. Biospesies. pp. 1-10.

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (720kB)

Abstract

Media mempunyai arti yang sangat penting dalam pendidikan, dengan menggunakan media, materi pembelajaran yang bersifat abstrak dapat lebih mudah ditampilkan dihadapan peserta didik melalui pemanfaatan media berbasis komputer. Salah satu software yang dapat digunakan dalam mendesain media pembelajaran adalah Lectora inspire. Berdasarkan hasil observasi di SMAN 1 Muaro Jambi, diperoleh informasi bahwa materi sistem peredaran darah manusia merupakan materi yang sulit dipahami oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain akhir multimedia pembelajaran Biologi untuk materi Sistem Peredaran darah manusia. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang dikembangkan Lee dan Owen. Dengan tahapan A (analysis), D (Design), D (development), I (Implementation), dan E (Evaluation). Validator atas multimedia pembelajaran ini terdiri atas validator ahli media dan validator ahli materi. Validasi yang dilakukan oleh ahli media sebanyak 3 kali, pada validasi pertama mendapatkan rata-rata skor 2,44 termasuk dalam kriteria “Tidak layak”, validasi kedua mendapatkan rata-rata skor 2,75 termasuk dalam kriteria “Layak” dan validasi ketiga mendapatkan rata-rata skor 3,56 termasuk dalam kriteria “Layak”. Validasi materi dilakukan sebanyak 3 kali, validasi pertama mendapatkan rata-rata skor 2,31 termasuk dalam kriteria “Tidak layak”, validasi kedua mendapatkan rata-rata skor 3,2 termasuk dalam kriteria “Tidak layak” dan validasi ketiga mendapatkan rata-rata skor 3,5 termasuk dalam kriteria “Layak”. Hasil ujicoba kelompok kecil dilakukan di SMAN 2 Kota Jambi dengan subjek ujicoba 12 orang siswa memperoleh rata-rata skor 87,08 dengan kriteria “Setuju”, Sedangkan skor persepsi guru mata pelajaran biologi adalah 95 termasuk dalam kriteria “sangat baik”. Dengan demikian, multimedia pembelajaran biologi SMA dengan menggunakan Lectora inspire dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran di Sekolah Menengah Atas pada materi Sistem Peredaran darah manusia serta dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran mandiri siswa. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan dan acuan dalam mengembangkan produk media yang relevan.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: BUDI PRATAMA
Date Deposited: 27 Feb 2018 07:37
Last Modified: 27 Feb 2018 07:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3427

Actions (login required)

View Item View Item