ASRIZA, BELLA PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA MATERI PROTISTA UNTUK SISWA KELAS X IPA SMA. JURNAL PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA MATERI PROTISTA UNTUK SISWA KELAS X IPA SMA.
Text
ARTIKEL ILMIAH Bella.pdf Download (880kB) |
Abstract
ABSTRAK Asriza, Bella. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scientific Approach Pada Materi Protista Untuk Siswa Kelas X IPA SMA” : Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Retni S. Budiarti, S.Pd., M.Si. (II) Dr. Tedjo Sukmono, M.Si Kata Kunci : Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Scientific Approach, Protista Pembelajaran biologi memiliki keunikan tersendiri pada setiap materi yang diajarkan, banyak bentuk bahan ajar yang dibuat untuk dapat membuat peserta didik tertarik dalam mempelajari ilmu biologi salah satunya dengan membuat bahan ajar berupa lembar kerja peserta didik (LKPD). Tujuan penelitian ini mengembangkan, mengetahui kelayakan, dan mengetahui tanggapan guru serta mengetahui persepsi peserta didik terhadap LKPD berbasis scientific approach pada materi protista untuk kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari penilaian angket persepsi guru biologi serta peserta didik dan data kualitatif yang diperoleh dari validasi media dan validasi materi. Hasil validasi media yang didapat termasuk kategori “Layak”, dan untuk hasil validasi materi mendapat penilaian dengan kategori “Layak” berdasarkan hasil penilaian Validator berikut maka LKPD bisa diujicobakan. Sedangkan hasil untuk tanggapan guru biologi kelas X memperoleh nilai sebesar 92,64% dikategorikan “Sangat Baik”. Hasil ujicoba kelompok kecil mendapatkan penilaian sebesar 90,17% dan dikategorikan “Baik”. Berdasarkan hasil penilaian tersebut LKPD berbasis scientific approach ini layak untuk digunakan dan mendapat respon positif untuk digunakan kedalam proses kegiatan pembelajaran.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | BELLA ASRIZA |
Date Deposited: | 27 Feb 2018 09:51 |
Last Modified: | 27 Feb 2018 09:51 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3431 |
Actions (login required)
View Item |