ANTONI PRATAMA, ZIKRI (2022) UPAYA MENGURANGI TINGKAT KECEMASAN BELAJAR SISWA DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
JUDUL.pdf Download (212kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_ZIKRI ANTONI PRATAMA_NIM A1E115034 -.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
Persetujuan dan pengesahan.pdf Download (434kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (401kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (186kB) |
Abstract
ABSTRAK Judul : Upaya Mengurangi Tingkat Kecemasan Belajar Siswa Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Penulis : Zikri Antoni Pratama Nim : A1E115034 Pembimbing : 1. Drs. Rasimin, M.Pd 2. Rully Andi Yaksa, S. Pd., M.Pd Pada perkembangan pendidikan masa ini, siswa dituntut untuk menguasai semua bidang mata pelajaran. Banyaknya tuntutan akademik yang dinilai siswa terlampau berat, tugas yang menumpuk serta permasalahan internal yang dihadapi siswa, dapat memicu kecemasan pada siswa karena ketidak mampuannya dalam beradaptasi dengan program maupun lingkungan di sekolah. Batasan masalah pada kecemasan belajar dalam penelitian ini yaitu persepsi siswa atas ketidak yakinan akan kemampuan diri dalam mengatasi tugas-tugas akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi tingkat kecemasan belajar siswa dalam layanan Bimbingan Kelompok pada siswa SMP Negeri 8 Kota Jambi. Seting Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan layanan (PTL) dilakukan secara sistematis berdaur ulang (siklus) bekerjasama dengan kolaborator dalam setting kelompok. Penarikan sample pada penelitian ini menggunakan Purposive Sampling berdasarkan kriteria tertentu, subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 8 yang berjumlah 8 orang yang mengalami kecemasan belajar. Data pada penelitian ini didapatkan melalui Observasi dan wawancara kepada siswa serta arahan dari guru BK selaku walikelas. Pada penelitian ini, hasil akhir layanan bimbingan kelompok pada siklus III pertemuan ke II dalam pelaksanaannya cukup memuaskan, Pada pelaksanaannya terlihat siswa lebih rileks dan aktif dibandingkan II siklus sebelumnya, reaksi yang ditunjukan siswa tidak lagi menunjukkan adanya tekanan. melalui layanan bimbingan kelompok dan tanya jawab didapatkan bahwa siswa telah mampu mengurangi rasa cemasnya dalam belajar serta mampu menukar rasa cemasnya dengan perasaan normal. Kata kunci : kecemasan, Tingkat kecemasan, Bimbingan Kelompok
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecemasan, Tingkat kecemasan, Bimbingan Kelompok |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | PRATAMA |
Date Deposited: | 08 Jun 2022 03:57 |
Last Modified: | 08 Jun 2022 03:57 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34321 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |