Wahyuni, Sari (2022) PEMBELAJARAN LESSON STUDY DENGAN PENDEKATAN STEM UNTUK MENGIDENTIFIKASI MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (40kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (220kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (181kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (458kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (222kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (466kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan dalam kegiatan proses pembelajaran fisika. Dimana saat proses pembelajaran kurangnya interaksi antara peserta didik dengan guru ataupun intrraksi antara peserta didik dan peserta didik. Penelitian ini dilakukan menerapkan pembelajaran lesson study dengan menggunakan pendekatan (Science, Technology, Engginering, Mathematical) STEM dan mengidentifikasi motivasi belajar peserta didik pada materi usaha dan energi. Data dalam penelitian ini berbentuk mix method yaitu data penelitian kuantitatif dan data kualitatif. Sumber data kualitatif dalam penelitian ini didapatkan dari rekaman video pembelajaran, dokumentasi sedangkan data pada penelitian kuantitatif ini berupa data instrumen motivasi belajar peserta didik yang diisikan oleh observer dan data transkrip pembelajaran berbasis TBLA (Transcript Based Lesson Analysis). Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan tim lesson study untuk pelaksanaan pembelajaran setiap siklus pembelajaran dilakukan sesuai dengan tahapan lesson study berbasis TBLA yaitu perencanaan, pelaksanaan, refleksi. Berdasarkan pelaksanannya dan transkrip pembelajaran menunjukkan adanya perbaikan yang terjadi, terlihat dari sudah membaiknya interaksi peserta didik dan motivasi diri peserta didik untuk belajar mengejakan priyek selama pembalajaran sudah baik hal ini dikarenakan LKPD yang diberikan mudah dipahami oleh peserta didik. Secara keseluruhan kegiatan pembelajaran diklas X IPA 1 didominasi oleh guru oleh karena itu disarankan agar guru dapat menjadikan kegiatan ini sebagai langkah awal yang baik bagi guru untuk merancang pembelajaran selanjutnya sehingga dapat mewujudkan pembelajaran yang didominasi oleh peserta didik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lesson Study, Motivasi, Usaha dan Energi, Transcript Based Lesson Analysis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | WAHYUNI |
Date Deposited: | 08 Jun 2022 07:36 |
Last Modified: | 08 Jun 2022 07:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34343 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |