Nurmadanti, Tiara (2022) IMPLEMENTASI LESSON STUDY UNTUK MENGANALISIS AKTIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN TRANSCRIPT BASED LESSON ANALYSIS PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI SMAN 4 MUARO JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (84kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (119kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (259kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (253kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (123kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (279kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk implementasi lesson study untuk menganalisis aktivitas belajar siswa menggunakan transcript based lesson analysis, dianalisis melalui perekaman dialog pembicaraan guru dan siswa serta pengamatan yang dilakukan oleh observer, penelitian ini berfokus untuk melihat respon aktivitas siswa selama pembelajaran. Melalui analisis ini dapat dilihat bagaimana penerapan lesson study berbasis transcript based lesson analysis, bagaimana analisis proses pembelajaran bersifat student centered atau bersifat teacher centered dapat dilihat melalui dialog yang muncul berdasarkan pembicaraan antar guru dan siswa. Penelitian ini dilakukan di SMAN 4 muaro jambi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 4 muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix method. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan rekam video selama pembelajaran, lembar observasi observasi, dan dokumen lainnya. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus dilaksanakan pada bulan februari 2022 dengan 3 tahapan lesson study yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Hasil penelitian yang diperoleh dari siklus I dalam penelitian ini siswa cukup aktif dilihat dari siswa menjawab pertanyaan dari guru pada proses pembelajaran. Pada siklus II pembelajaran berlangsung secara diskusi kelompok terlihat banyaknya siswa yang aktif berdiskusi dalam memecahkan masalah yang disajikan oleh guru model. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru bisa menerapkan pembelajaran dengan lesson study berbasis transcript based lesson analysis ,dengan demikian dapat membantu guru dalam menganalisis proses pembelajaran yang berlangsung pada setiap siswa yang dilihat dari dialog percakapan guru dan siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lesson study,transcript based lesson Analysis,aktivitas siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | NURMADANTI |
Date Deposited: | 08 Jun 2022 07:22 |
Last Modified: | 08 Jun 2022 07:22 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34345 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |