Azmi, Chindy Desia (2022) Pengaruh Pembelajaran Daring dan Gaya Mengajar Dosen Terhadap Kepuasan Belajar Pada Mahasiswa Jurusan PIPS Angkatan 2018 Universitas Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (577kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (8MB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (953kB) |
![]() |
Text
Daftar pustaka.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Halaman persetujuan dan pengesahan.pdf Download (3MB) |
Abstract
Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan mahasiswa dalam belajar di masa pandemi covid-19 salah satunya ialah pembelajaran daring dan gaya mengajar dosen. Pada saat pandemi covid-19 ini mahasiswa dianjurkan untuk melakukan kegiatan perkuliahan secara daring dan harus menyesuaikan diri dalam kegiatan belajar mengajar saat ini. Oleh karena itu pembelajaran daring dan gaya mengajar dosen menjadi permasalahan saat ini. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh antara: (1) pembelajaran daring terhadap kepuasan belajar mahasiswa; (2) gaya mengajar dosen terhadap kepuasan belajar mahasiswa; dan (3) pembelajaran daring dan gaya mengajar dosen terhadap kepuasan belajar pada mahasiswa Jurusan PIPS Angkatan 2018 Universitas Jambi. Penelitian ini dilakukan di Jurusan PIPS FKIP Universitas jambi pada Desember 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian Ex Post Facto. Alat pengumpulan data pada menggunakan angket dengan bantuan google form yang disebarkan kepada sampel penelitian ini sebanyak 132 Jurusan PIPS Angkatan 2018 Universitas jambi. Pada penelitian ini menggunakan simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji heterokedasditas, uji regresi linear berganda, uji t, uji f, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh X1 terhadap Y dengan thitung > ttabel (4,332 > 1,978); (2) terdapat pengaruh X2 terhadap Y diperoleh thitung > ttabel (8,892 > 1,978); (3) terdapat pengaruh secara simultan, X1 dan X2 terhadap Y berdasarkan analisis data diperoleh Fhitung > Ftabel (40,989 > 3,07) dan koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,389 yang berarti bahwa kepuasan belajar dipengaruhi oleh Pembelajaran Daring dan Gaya Mengajar Dosen sebesar 38,9%. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh Pembelajaran Daring dan Gaya Mengajar Dosen terhadap Kepuasan Belajar Pada Mahasiswa Jurusan PIPS angkatan 2018 Universitas Jambi. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada mahasiswa agar mempu beradaptasi serta mengikuti perubahan dan perkembangan di dalam dunia pendidikan. Many factors can affect student satisfaction in learning during the COVID-19 pandemic, one of which is online learning and the teaching style of lecturers. During the COVID-19 pandemic, students are encouraged to conduct lectures online and must adapt to current teaching and learning activities. Therefore, online learning and the teaching style of lecturers are a current problem. This study aims to determine the effect of: (1) online learning on student learning satisfaction; (2) lecturer's teaching style on student learning satisfaction; and (3) online learning and teaching styles of lecturers on learning satisfaction in students of the 2018 PIPS Department, Jambi University. This research was conducted at the Department of PIPS FKIP Jambi University in December 2021. This research is a quantitative study using an Ex Post Facto research approach. The data collection tool used a questionnaire with the help of a google form which was distributed to the sample of this study as many as 132 PIPS Departments Force 2018 at Jambi University. In this study using simple random sampling. The data analysis technique used is descriptive analysis, normality test, linearity test, multicollinearity test, heteroscedasticity test, multiple linear regression test, t test, f test, and coefficient of determination. The results showed that (1) there was an effect of X1 on Y with tcount > ttable (4,332 > 1,978); (2) there is an effect of X2 on Y obtained tcount > ttable (8.892 > 1.978); (3) there is a simultaneous effect, X1 and X2 on Y based on data analysis obtained Fcount > Ftable (40.989 > 3.07) and the coefficient of determination (R Square) is 0.389 which means that learning satisfaction is influenced by Online Learning and Lecturer Teaching Style of 38.9%. So it can be concluded that there is an effect of Online Learning and Lecturer Teaching Style on Learning Satisfaction in the 2018 PIPS Department Students, Jambi University. From the results of this study, it is recommended that students be able to adapt and follow changes and developments in the world of education.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Daring, Gaya Mengajar Dosen, dan Kepuasan Belajar Mahasiswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | azmi |
Date Deposited: | 09 Jun 2022 06:35 |
Last Modified: | 09 Jun 2022 06:35 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34350 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |