IDENTIFIKASI AKTIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN TBLA MATERI SUHU DAN KALOR PADA PEMBELAJARAN LESSON STUDY DENGAN PENDEKATAN STEM

Nurdanti, Vivi Yetti (2022) IDENTIFIKASI AKTIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN TBLA MATERI SUHU DAN KALOR PADA PEMBELAJARAN LESSON STUDY DENGAN PENDEKATAN STEM. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Cover.pdf

Download (81kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (223kB)
[img] Text
Full Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (65kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (67kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Selama proses pembelajaran siswa hanya mengandalkan penjelasan yang diberikan guru sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran dan pembelajaran yang cenderung berpusat pada guru atau teacher centered learning. Maka dari itu perlu adanya perbaikan pembelajaran yang diberikan guru terhadap siswa agar dapat mengetahui aktivitas belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pembelajaran lesson study dengan pendekatan STEM menggunakan TBLA pada materi suhu dan kalor di kelas XI SMAN 4 Muaro Jambi. Mengidentifikasi aktivitas belajar siswa menggunakan TBLA pada materi suhu dan kalor pada pembelajaran lesson study dengan pendekatan STEM di kelas XI SMAN 4 Muaro Jambi Penelitian ini dilakukan di SMAN 4 Muaro Jambi pada 25 Januari sampai 1 Maret 2022. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA 1 yang terdiri dari 30 siswa. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan mixed method, dengan desain eksplantori sekuensial. Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan lembar catatan lapangan, rekaman video pembelajaran, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus lesson study. Hasil penelitian yang diperoleh pada siklus I berdasarkan analisis transkrip pembelajaran secara keseluruhan yaitu pembelajaran masih didominasi oleh guru sehingga kurangnya aktivitas belajar siswa. Sedangkan pada siklus II respon siswa yang muncul lebih baik daripada siklus I, dan siswa tampak aktif. Dari hasil penelitian ini pembelajaran lesson study berbasis TBLA dengan pendekatan STEM dapat memperbaiki kualitas pembelajaran yang ada dikelas, karena TBLA mampu melihat permasalahan yang terjadi pada saat pembelajaran sehingga guru mendapatkan masukan berdasarkan transkrip percakapan yang terjadi. Pembelajaran dengan menerapkan lesson study pada penelitian ini telah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan tahapan lesson study yaitu plan, do, dan see yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pembelajaran melalui lesson study berbasis TBLA dengan menggunakan pendekatan STEM dapat membantu guru dalam melihat keaktivan siswa pada proses pembelajaran berlangsung dengan analisis transkrip dan catatan lapangan. Penelitian ini mengidentifikasi aktivitas belajar siswa pada pembelajaran suhu dan kalor menggunakan pendekatam STEM berbasis TBLA dengan tahapan lesson study. Oleh karena itu, perlu adanya penelitian lebih lanjut untuk penelitian mengenai lesson study dengan pendekatan STEM mengguakan TBLA agar dapat meneliti aspek pembelajaran fisika yang lain.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Lesson study, Aktivitas belajar siswa, STEM, TBLA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: NURDANTI
Date Deposited: 08 Jun 2022 07:25
Last Modified: 08 Jun 2022 07:25
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34370

Actions (login required)

View Item View Item