Khairani Astri, Eva and Siburian, Jodion and Hariyadi, Bambang (2022) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN BERKOMUNIKASI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 7 TANJUNG JABUNG TIMUR. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (845kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (921kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (130kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (7kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (301kB) |
![]() |
Text
TESIS FullText.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Astri, E.K. 2022. Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Berkomunikasi Peserta Didik Kelas VII Smp Negeri 7 Tanjung Jabung Timur. Tesis. Program Magister Pendidikan IPA Universitas Jambi, Pembimbing I. Dr. Drs. Jodion Siburian, M.Si. II. Ir. Bambang Hariyadi, M.Si., Ph.D. Kemampuan berpikir kritis dan berkomunikasi peserta didik yang masih rendah menyebabkan mereka tidak terlatih mengerjakan soal-soal yang bersifat kontekstual, argumentatif dan kreatif. Rendahnya pemahaman materi dan kualitas pembelajaran karena peserta didik tidak mempertimbangkan kredibilitas sumber belajar dan tidak terlibat aktif pada proses pembelajaran karena tidak suka pada topik-topik yang kompleks, dan tidak berani menyampaikan pendapatnya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan berkomunikasi peserta didik. Penelitian dilakukan di SMPN 7 Kabupaten Tanjung Jabung Timur yaitu kelas VIIA dan VIIB dengan pokok bahasan pencemaran air. Penelitian ini termasuk pada eksperimen kuasi dengan model the matching-only posttest only control group design. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu VIIA sebagai kelas eksperimen terdiri dari 26 orang peserta didik dan VIIB sebagai kelas kontrol terdiri dari 28 orang peserta didik yang dipilih dengan teknik random sampling. Intrumen yang digunakan berupa soal essay untuk mengukur kemampuan berpikir kritis yang dikumpulkan melalui tes tertulis, dan rubrik penilaian kemampuan berkomunikasi yang dikumpulkan melalui presentasi dan laporan proyek dari peserta didik. Hasil penilaian dianalisis dengan uji normalitas, uji reliabilitas, dan uji-t menggunakan SPSS. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis dan berkomunikasi peserta didik kelas eksperimen yang diajarkan dengan model project based learning lebih tinggi daripada kelas kontrol yang dibelajarkan secara konvensional. Berdasarkan penelitian disimpulkan bahwa model project based learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan berkomunikasi peserta didik.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PjBL, Berpikir Kritis, Berkomunikasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | ASTRI |
Date Deposited: | 08 Jun 2022 08:30 |
Last Modified: | 08 Jun 2022 08:30 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34393 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |