ANANDA PUTRI, TASYA (2022) PERKEMBANGAN SEKOLAH RAKYAT DI KOTA JAMBI TAHUN 1952-1959. S1 thesis, universitas jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (43kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (87kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (294kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (120kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (22kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (114kB) |
Abstract
ABSTRAK Tasya Ananda Putri, 2022. “Perkembangan Sekolah Rakyat Di Kota Jambi Tahun 1952-1959”. Skripsi, Program Studi Ilmu Sejarah, FKIP, Universitas Jambi. Pembimbing: (1) Dr. Siti Syuhada, S.Pd., M.E. (2) Abdurrahman, S.Pd., M.A. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi perkembangan pendidikan di Kota Jambi setelah kemerdekaan 1945, sistem pendidikan Sekolah Rakyat dan perkembangan Sekolah Rakyat di Kota Jambi pada tahun 1952-1959. Pada penelitian ini akan membahas perkembangan dan sistem dari pendidikan yang berfokus pada kebijakan pemerintah, partisipasi dari pemerintah dan masyarakat, kurikulum, minat murid, guru-guru, kondisi dan peralatan dari Sekolah Rakyat. Jenis penelitian ini menggunakan metode sejarah yaitu yang dimulai dari tahapan heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan hitoriografi. Setelah Indonesia mendeklarasikan kemerdekaan, fokus utama dari pendidikan nasional yaitu mencerdaskan dan meningkatkan kualitas serta kemampuan bangsa lewat bidang pendidikan. Pada masa Kolonial Belanda untuk masuk ke sekolah menjadi murid pendidikan dibedakan berdasarkan golongan-golongan. Setelah Indonesia dibawah jajahan pemerintah Kolonial pendidikan dibuka untuk seluruh golongan dan etnis sesuai dengan ketentuan pendidikan Jepang. Pada saat setelah kemerdekaan nama Sekolah Rakyat mulai dipakai untuk sekolah tingkat dasar di seluruh wilayah Indonesia. Adapun sistem Sekolah Rakyat setelah kemerdekaan terutama dalam kurikulum pada awalnya hanya belajar membaca, menulis, dan berhitung seiring berjalannya pembenahan terjadi penambahan seperti belajar sejarah. Sekolah Rakyat di Kota Jambi mengalami adanya perkembangan tidak lepas dari peran aktif pemerintah dan masyarakat yang turut andil membangun bersama pendidikan. Kata Kunci: Kota Jambi, Perkembangan Pendidikan, dan Sekolah Rakyat.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Kota Jambi, Perkembangan Pendidikan, dan Sekolah Rakyat. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah |
Depositing User: | PUTRI |
Date Deposited: | 10 Jun 2022 03:17 |
Last Modified: | 10 Jun 2022 03:17 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34398 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |