PENGARUH MODEL PBL BERBASIS ETNOSAINS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM DI SMA ISLAM AL-FALAH JAMBI

syafitri, indah (2022) PENGARUH MODEL PBL BERBASIS ETNOSAINS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM DI SMA ISLAM AL-FALAH JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (371kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (227kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (239kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (461kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (253kB)
[img] Text
Skripsi_Indah Syafitri_A1C118018_kaset.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Model PBL berbasis etnosains merupakan model pembelajaran berbasis masalah yang berhubungan dengan kearifan lokal ataupun kehidupan sehari-hari dimasyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL berbasis etnosains terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi hidrolisis garam di SMA Islam Al-falah Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan bentuk Quasi Eksperiment dengan rancangan penelitian Non Equivalent Control Grup Design. Pada penelitian ini terdapat dua kelas sampel yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen menggunakan model PBL berbasis etnosains dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol menggunakan model PBL. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes essai, lembar observasi kegiatan guru dan siswa pada penerapan model, serta lembar observasi kemampuan berpikir kreatif. Untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model PBL berbasis etnosains terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa yang terbukti dengan adanya peningkatan hasil rata-rata pretest dan posttest yaitu 52,27% - 71,59% dengan selisih 19,29% pada kelas eksperimen sedangkan pada kelas kontrol 50,76% - 63,64% dengan selisih 12,88%. Selain itu juga terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Ditinjau dari hasil uji t dengan taraf nyata ∝=5% menunjukkan bahwa t hitung = 1,76797 > t tabel = 1,6819 yang artinya terdapat pengaruh dari model PBL berbasis etnosains terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model PBL Berbasis Etnosains, Kemampuan Berpikir Kreatif, Hidrolisis Garam
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: SYAFITRI
Date Deposited: 09 Jun 2022 03:51
Last Modified: 09 Jun 2022 03:51
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34417

Actions (login required)

View Item View Item