Sentia, Marrienlie (2022) Pengaruh metode pembelajaran kauny dan kerjasama orang tua dan guru terhadap intensitas belajar peserta didik di kauny Qur'anic school Jambi. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
MARRIENLIE SENTIA (P2A220044).pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (90kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan dan Pengesahan.pdf Download (233kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (320kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Download (108kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (224kB) |
Abstract
ABSTRAK Marrienlie Sentia, 2022. Pengaruh Metode Pembelajaran Kauny dan Kerja Sama Orang Tua dan Guru Terhadap Intensitas Belajar Peserta Didik di Kauny Qur’anic School Jambi. Belajar adalah suatu proses untuk memperoleh pengetahuan atau keterampilan M.Thabroni (2015) . Agar dapat memahami pelajaran dengan baik peserta didik harus memiliki intensitas belajar yang tinggi. Pendapat serupa juga di ungkapkan Faizal Rachmadi (2014) bahwa intenstas belajar merupakan frekuensi atau jumlah belajar yang di lakukan peserta didik dalam tingkat waktu tertentu untuk memperoleh pengetahuan atau pengalaman yang maksimal. Oleh sebab itu perlu di lakukan upaya agar intensitas peserta didik tetap terjaga. Adapun upaya yang dapat di lakukan ialah dengan memilih metode tepat dan unik. Muhibbin Syah dalam Siti Maesaroh (2003) menggungkapkan bahwa ada tiga faktor yang mempengaruhi semangat belajar peserta didik faktor internal, eksternal, dan pendekatan belajar. Pendekatan belajar (approach to learning) ialah upaya yang dilakukan guru untuk meningkat semangat belajar peserta didik melalui penggunaan strategi dan metode dalam proses pembelajaran. Selain menggunakan metode yang tepat dan menarik, upaya yang di lakukan berupa pemberian dorongan eksternal yaitu dengan melakukan kerja sama antara orang dan guru. Selaras yang di ungkapkan Bronfenbrenner dalam Nazarudin (2018), bahwa setiap perkembangan anak di pengaruhi oleh faktor lingkungan (ekologi). Adapun tujuan di lakukannya penelitian ini yaitu untuk menggungkapkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode kauny, kerja guru dan orang tua terhadap intensitas peserta didik. Penelitian ini menggunkan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Pemerolehan data dalam penelitian ini di lakukan dengan cara penyebaran angket. Hasil penelitian menunjukan pertama, t hitung sebesar 1,983 lebih besar dari t tabel sebesar1,686 dan nilai signifikansi variabel faktor metode kauny 0,055 yang menunjukkan lebih kecil dari 0,05, maka hal ini membuktikan bahwa H1 diterima. Kedua, berdasarkan hasil pengujian t menunjukkan t hitung sebesar 2,758 lebih besar dari t tabel sebesar 1,686 dan nilai signifikansi variabel faktor kerja sama guru dan orang tua 0,009 yang menunjukkan lebih kecil dari 0,05, maka hal ini membuktikan bahwa H1 diterima, dengan pengaruh secara simultan sebesar 50,6 %. Keyword : Metode Pembelajaran Kauny, Kerja Sama Guru dan Orang Tua, intensitas
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran Kauny, Kerja Sama Guru dan Orang Tua, intensitas |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Marrienlie Sentia |
Date Deposited: | 10 Jun 2022 04:11 |
Last Modified: | 10 Jun 2022 04:11 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34419 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |