ANALISIS KESULITAN BELAJAR DARING PADA MATA KULIAH STATISTIKA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2018 UNIVERSITAS JAMBI

Yunitia, Nur (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR DARING PADA MATA KULIAH STATISTIKA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2018 UNIVERSITAS JAMBI. S1 thesis, Pendidikan Ekonomi.

[img] Text
SKRIPSI FULL NURYUNITIA-15-145.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (867kB)
[img] Text
Cover-1.pdf

Download (240kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan-1.pdf

Download (543kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (372kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (243kB)
[img] Text
Bab 5-1.pdf

Download (544kB)
[img] Text
Daftar Pustaka-1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nuryunitia. 2022. Analisis Kesulitan Belajar Daring Pada Mata Kuliah Statistika Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2018 Universitas Jambi: Skripsi. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Fachruddiansyah Muslim, S.Pd, M.Pd, (II) Ahmad Nasori, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Belajar Daring. Penerapan kegiatan pembelajaran daring tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi berbagai pihak yang terlibat, termasuk bagi dosen dan mahasiswa di program studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Jambi. Sejak tahun 2020 bulan Januari, kegiatan pembelajaran di Universitas Jambi yang awalnya diterapkan secara offline, bertatap muka di kelas, dialihkan menjadi kegiatan pembelajaran secara online, hal ini disebabkan virus COVID-19 yang mulai menyebar di provinsi Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar daring yang dialami oleh mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2018 serta faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan dan apa saja solusi untuk mengatasi kesulitan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Fokus penelitian ini adalah terkait kendala-kendala atau kesulitan-kesulitan dan faktor penyebabnya yang dialami mahasiswa dalam melaksanakan proses belajar daring pada mata kuliah statistika, serta solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah tersebut. Ada tiga orang partisipan yang dilibatkan dalam kegiatan penelitian ini dimana partisipan penelitian ini merupakan mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2018 yang dipilih karena mendapatkan nilai terendah pada mata kuliah statistika. Penelitian ini menggunakan dua teknik pengumpulan data, yaitu wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti kepada 3 orang partisipan yang merupakan mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2018, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa mengalami kesulitan belajar yang cenderung sama, namun dengan faktor penyebab yang bermacam-macam. Diluar konteks indikator, para partisipan juga mengakui beberapa penyebab kesulitan-kesulitan belajar yang dialami, yakni seperti merasa malas untuk belajar, banyak nya tugas dari mata kuliah lain menyebabkan mereka menunda-nunda mengerjakan tugas. Lalu penyajian materi dosen yang suaranya kecil sehingga sulit terdengar, tidak konsentrasi mengikuti kegiatan belajar akibat terlalu asik bermain gadget, dan kegiatan pembelajaran terasa monoton karena sendirian. Besar harapan agar kedepannya untuk mahasiswa pendidikan ekonomi dapat lebih mengontrol diri, untuk bisa konsentrasi belajar dan dapat membagi waktu antara belajar dan bemain. Selain itu diharapkan mahasiswa bisa lebih mandiri dalam belajar seperti mencari referensi materi, dan mahasiswa baiknya bisa berkomunikasi dengan dosennya terkait materi atau apapun yang ingin didiskusikan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: NURYUNITIA
Date Deposited: 13 Jun 2022 01:45
Last Modified: 13 Jun 2022 01:45
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34432

Actions (login required)

View Item View Item