IMPLEMENTASI METODE GAME BASED LEARNING BERBASIS GAME KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SEJARAH SISWA KELAS X IPS 2 SMA ADHYAKSA 1 JAMBI

Dhea Septriani, Lamia (2022) IMPLEMENTASI METODE GAME BASED LEARNING BERBASIS GAME KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SEJARAH SISWA KELAS X IPS 2 SMA ADHYAKSA 1 JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
cover.pdf

Download (115kB)
[img] Text
pengesahan persetujuan lamia dhea s.pdf

Download (443kB)
[img] Text
skripsi jilid keras lamia dhea s.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
bab 1 pdf.pdf

Download (222kB)
[img] Text
bab V pdf.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN PDF.pdf

Download (303kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Septriani, Lamia Dhea. 2022. Implementasi Metode Game Based Learning berbasis Game Kahoot Untuk Meningkatkan Literasi Sejarah Siswa Kelas X IPS 2 SMA Adhyaksa 1 Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah dan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (1) Drs. Budi Purnomo, M.Hum., M.Pd. (II) Isrina Siregar, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Game Based Learning, Game Kahoot, Literasi Sejarah. Rendahnya literasi sejarah siswa disebabkan karena adanya beberapa masalah yang perlu diperbaiki. Beberapa masalah ini antara lain rendahnya pemahaman siswa tentang peristiwa sejarah, siswa yang mengobrol saat jam pembelajaran tidak memperhatikan guru menyampaikan materi yang diajarkan, kurang menariknya pembelajaran guru tidak menerapkan inovasi baru dalam pembelajaran sejarah, kurangnya penggunaan metode pembelajaran aktif dan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi sejarah dengan menggunakan game based learning berbasis game kahoot pada mata pelajaran sejarah peminatan kelas X IPS 2 Adhyaksa 1 Jambi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus. Penelitian ini dilakukan di SMA Adhyaksa 1 Jambi. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 2 sebanyak 34 siswa teknik analisis menggunakan analisis deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat peningkatan literasi sejarah siswa kelas X IPS 2 SMA Adhyaksa 1 Jambi dengan menggunakan metode game based learning berbasis game kahoot diperoleh dari nilai kognitif/pengetahuan pada siklus I persentasenya 61,78%, pada siklus II mengalami peningkatan signifikan yang persentasenya 85,29%, pada siklus III juga mengalami peningkatan yang persentasenya 88,23%. Pada lembar pengamatan literasi sejarah siswa pada siklus I persentasenya 64,70%, pada siklus II mengalami peningkatan signifikan yang persentasenya 88,23%, pada siklus III juga mengalami peningkatan yang persentasenya 94,11%. Hal ini ditunjukkan pada persentasenya yang mengalami peningkatan disetiap siklusnya. Berdasarkan hasil yang di atas metode game based learning berbasis game kahoot berhasil meningkatkan literasi sejarah siswa.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Game Based Learning, Game Kahoot, Literasi Sejarah.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Septriani
Date Deposited: 10 Jun 2022 06:58
Last Modified: 10 Jun 2022 06:58
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34453

Actions (login required)

View Item View Item