Nainggolan, Roberto (2022) IMPLEME NTASI PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) BERBASIS VIDEO DOKUMENTER MASA PENDUDUKAN JEPANG DI INDONESIA UNTUK MENUMBUHKAN RASA NASIONALISME SISWA KELAS XI IPS I SMA NEGERI 11 MUARO JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Cover Roberto.pdf Download (262kB) |
![]() |
Text
Hal Persetujuan Roberto.pdf Download (356kB) |
![]() |
Text
Jilid_Keras_Skrpsi Roberto.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB 1 Roberto.pdf Download (233kB) |
![]() |
Text
BAB V Roberto.pdf Download (13kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN roberto.pdf Download (129kB) |
Abstract
Nainggolan, Roberto. 2022. Implementasi Problem Based Learning Berbasis Video Dokumenter Untuk Menumbuhkan Rasa nasionalisme Siswa Kelas XI IPS I SMA N 11 Muaro Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah dan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (1) Drs. Budi Purnomo, M.HUM, M.Pd, (II) Isrina Siregar, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Problem Based Learning, Video Dokumenter, Ras Nasionalisme. Rendahnya rasa nasionalisme siswa di sekolah disebabkan karena terdapat beberapa masalah yang ditemukan dan harus perlu di benahi atau di perbaiki. Rendahnya rasa nasionalisme siswa. Beberapa masalah yang ditemukan yaitu kurangnya cinta tanah air dari diri peseta didik, sikap gotong royong siswa masih rendah, dan siswa belum sepenuhnya memiliki jiwa menghargai keberagaman nudaya,suku, agama dan ras di sekolah. Penelitian ini bertujuan adalah untuk menumbuhkan rasa nasionalisme siswa dengan menggunakan model problem based learning berbasis video dokumenter masa pendudukan Jepang di Indonesia kelas XI IPS 1 SMA N 11 Muaro Jambi. Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus. Penelitian ini di lakukan di SMA N 11 Muaro Jambi. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 sebanyak 22 siswa teknik analisis menggunakan analisis deskripstif. Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, amgaket,wawancara, dan dokumentesi. Berdasarkan hasil penelitian yang di simpulkan terdapat peningkatan pada rasa nasionalisme siswa kelas XI IPS 1 SMA N 11 Muaro Jambi yang menggunakan model problem based learning berbasis video dokumenetr masa pendudukan jepang di Indonesia pada siklus I persentasenya 73% dengan kategori baik tetapi belum mencapai sesuai nilai KKM yaitu 75, pada siklus II persentasenya 77,8 % dengan kategori baik, dan siklus III mengalami peningkatan yang singnifikan yaitu persentasenya 83,3% dengan kategori sangat baik. Dengan ini penerapan problem based learning berbasis video dokumenter masa pendudukan Jepang di Indonesia mampu untuk menumbuhkan rasa nasionalisme siswa kelas XI IPS 1 SMA N 11 Muaro jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Video Dokumenter, Ras Nasionalisme |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Nainggolan |
Date Deposited: | 10 Jun 2022 06:57 |
Last Modified: | 10 Jun 2022 06:57 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34456 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |