TYAS NIREKI, LEBDA (2022) IMPLEMENTASI METODE BLENDED LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI SMAN 7 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL TEKS_LEBDA.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (168kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (561kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (393kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (165kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (296kB) |
Abstract
Penurunan Corona Virus Disease 2019 serta perkembangan era 4.0 mengharuskan adanya perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah. Metode blended learning berbasis google classroom merupakan pengembangan pembelajaran modern yang menggabungkan keunggulan dari pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran secara online, agar menciptakan pembelajaran mandiri secara aktif serta dapat mengurangi tatap muka di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi serta hambatan dan solusi dalam implementasi metode blended learning berbasis google classroom pada pembelajaran sejarah kelas XI SMAN 7 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi metode blended learning berbasis google classroom di SMAN 7 Kota Jambi sebagai berikut: (1) Pemahaman penggunaan metode blended learning cukup dapat dipahami dan dimengerti oleh pihak sekolah (2) metode blended learning banyak memberikan manfaat dalam proses pembelajaran seperti mengirim materi dan tugas, memberitahu waktu pengumpulan tugas, absen serta menilai tugas (3) Persiapan pembelajaran dilakukan guru dengan menyiapkan perlengkapan pembelajaran seperti penyusunan jadwal tatap muka dan online, bahan ajar dan penyederhanaan kurikulum sedangkan bagi siswa sendiri dilakukan dengan membuat akun serta menyediakan paket internet (4) Pelaksanaannya sesuai dengan sintaks blended learning yaitu seeking of information, acquisition of information dan shyntesizing of knowledge (5) Pemberian nilai melibatkan penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan baik secara online maupun tatap muka (6) Hambatan pembelajaran blended learning berbasis google classroom meliputi dalam hal fasilitas belajar daring, tingkat kesadaran belajar siswa, keprofesionalan guru dan kontrol orang tua. Kesimpulan penelitian ini yaitu Implementasi metode blended learning dalam hal pemahaman pihak sekolah terhadap metode yang diterapkan cukup dapat dipahami dengan baik, manfaat blended learning berbasis google classroom mempermudah proses pembelajaran. pada kegiatan persiapan dilakukan guru dengan meyiapkan perangkat pembelajaran, siswa menyiapkan akun google classroom dan paket internet, pelaksanaan sudah sesuai dengan sintaks blended learning, penilaian dilakukan secara tatap muka dan online. Hambatannya yaitu lebih mengkrucut kepada pembelajaran online
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Blended Learning, Google Classroom, Pembelajaran Sejarah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Nireki |
Date Deposited: | 10 Jun 2022 06:59 |
Last Modified: | 10 Jun 2022 06:59 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34457 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |