Yolviansyah, Fauziah (2022) KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HUBUNGANNYA DENGAN MISKONSEPSI PADA MATERI GAYA DAN MEDAN. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (111kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (277kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (209kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (956kB) |
Abstract
Keterampilan berpikir kritis adalah suatu potensi intelektual yang dapat dikembangkan melalui proses pembelajaran. Keterampilan berpikir kritis yang masih rendah dapat menyebabkan terjadinya kesalahpahaman konsep saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui deskripsi dan hubungan antara keterampilan berpikir kritis dengan miskonsepsi pada materi Gaya dan Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yaitu korelasional. Subjek uji coba dalam penelitian ini yaitu kelas XII IPA di SMA Negeri 8 Kota Jambi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes miskonsepsi dan angket keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji korelasi. Produk akhir dari penelitian ini yaitu instrumen tes diagnostik miskonsepsi five-tier dan angket keterampilan berpikir kritis. Sebelum instrumen di uji coba, maka dilakukan uji validasi materi sebanyak 2 tahap, pada tahap I didapatkan hasil persentase sebesar 61,66% dan 63,66% dengan kategori “kurang valid” dan validasi ke II dengan masing-masing persentase sebesar 100% dengan kategori “Valid”. Kemudian melihat hubungan antara kedua instrumen tersebut di dapatkan hubungan yang signifikan dengan taraf signifikansinya sebesar -0,414 dengan kategori “Cukup”.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kerampilan berpikir kritis, Miskonsepsi, Gaya dan Medan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | YOLVIANSYAH |
Date Deposited: | 13 Jun 2022 07:30 |
Last Modified: | 13 Jun 2022 07:30 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34470 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |