PENGEMBANGAN WEB-BASED ASSESSMENT UNTUK MENGUKUR SIKAP SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN IPA DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER

Aldila, Febri Tia (2022) PENGEMBANGAN WEB-BASED ASSESSMENT UNTUK MENGUKUR SIKAP SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN IPA DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (168kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (152kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (297kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Pengembangan sikap siswa terhadap mata pelajaran IPA dan nilai-nilai pendidikan karakter sangat penting untuk dilakukan karena hasil utama dari pendidikan adalah perubahan tingkah laku. Namun, pelaksanaan penilaiannya masih dilakukan dengan menggunakan instrumen berbentuk cetak yang masih memiliki kelemahan. Kelemahan tersebut diantaranya yaitu memerlukan biaya yang lebih besar dalam pengadaan lembar penilaian, memerlukan waktu yang lebih lama dalam proses penilaian dan perekapan nilai, serta hasil penilaian yang tidak dapat diketahui secara langsung. Oleh sebab itu, dibutuhkan peranan teknologi seperti web-based assessment untuk melakukan proses penilaian sikap siswa terhadap mata pelajaran IPA dan nilai-nilai pendidikan karakter yang dapat membantu memberikan solusi terhadap kelemahan pada penggunaan instrumen berbentuk cetak. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan web-based assessment untuk mengukur sikap siswa terhadap mata pelajaran IPA dan nilai-nilai pendidikan karakter. Penelitian ini ialah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Instrumen yang dibutuhkan untuk pengumpulan data yaitu lembar validasi ahli media dan angket respon pengguna (siswa). Data kuantitatif dianalisis dengan statistik deskriptif dan data kualitatif dianalisis teknik Miles and Huberman. Web-based assessment untuk mengukur sikap siswa terhadap mata pelajaran IPA dan nilai-nilai pendidikan karakter telah divalidasi ahli media dan dinyatakan valid dengan nilai rata-rata 3,37 (sangat baik). Selanjutnya, nilai rata-rata respon pengguna (siswa) 3,41 (sangat baik). Kelebihan yang ditawarkan dari web-based assessment yang dikembangkan yaitu dapat dikelola sesuai permintaan, hasil penilaian dapat diketahui secara real time, menghemat biaya pengadaan kertas, dan mampu mencakup penilaian yang besar dalam waktu yang bersamaan. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah web-based assessment untuk mengukur sikap siswa terhadap mata pelajaran IPA dan nilai-nilai pendidikan karakter yang dikembangkan telah dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media penilaian dalam proses pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Web-based assessment, sikap siswa terhadap mata pelajaran IPA, nilai-nilai pendidikan karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Aldila
Date Deposited: 13 Jun 2022 03:08
Last Modified: 13 Jun 2022 03:08
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34479

Actions (login required)

View Item View Item