Setiya Rini, Endah Febri (2022) PENGARUH KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMPN SE-KECAMATAN BAJUBANG PADA MATERI PENGUKURAN. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (25kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (477kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (6kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (5kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (180kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Kurikulum 2013 menekankan penilaian pembelajaran yang berdasarkan aspek sikap, aspek pengetahuan dan aspek keterampilan. Tujuan dari penelitian ini ialah dapat mengetahui pengaruh keterampilan proses sains terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMPN se-Kecamatan Bajubang pada materi pengukuran. Desain dalam penelitian ini ialah menggunakan metode eksperimen. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMPN se-Kecamatan Bajubang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah data primer yang diperoleh dari instrumen lembar observasi keterampilan proses sains dan instrumen tes soal essay kemampuan berpikir kritis. Setelah data dikumpulkan, di analisis menggunakan uji regresi linear sederhana melalui IBM SPSS Versi 22. Adapun hasil uji hipotesis didapatkan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh keterampilan proses sains terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMPN se-Kecamatan Bajubang sebesar 68,8% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Proses Sains, Kemampuan Berpikir Kritis, SM, Pengukuran. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | RINI |
Date Deposited: | 13 Jun 2022 03:32 |
Last Modified: | 13 Jun 2022 03:32 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34480 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |