PENGEMBANGAN E-MODUL PADA MATERI DIFERENSIAL PARSIAL MATA KULIAH FISIKA MATEMATIKA I MENGGUNAKAN APLIKASI FLIP PDF PROFESSIONAL

Fitriani, Riska (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL PADA MATERI DIFERENSIAL PARSIAL MATA KULIAH FISIKA MATEMATIKA I MENGGUNAKAN APLIKASI FLIP PDF PROFESSIONAL. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (240kB)
[img] Text
pengesahan.pdf

Download (121kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (469kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (224kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (480kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI_RISKA FITRIANI-compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Tuntutan penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan tak bisa dihindari lagi khususnya dalam peningkatan proses pembelajaran. Salah satu upaya yang dilakukan adalah mengembangkan media pembelajaran berupa e-modul. E-modul dapat mengantisipasi perkembangan teknologi dari penggunaan bahan ajar cetak menjadi bahan ajar digital karena kini mahasiswa lebih banyak mengakses sumber belajar melalui smartphone. Oleh karena itu, dibutuhkan pengembangan e-modul yang interaktif terutama pada mata kuliah fisika matematika I. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan dan mengetahui persepsi mahasiswa terhadap e-modul pada materi diferensial parsial mata kuliah fisika matematika I menggunakan aplikasi Flip PDF Professional. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model 4D. Instrumen yang digunakan berupa angket validasi ahli materi dan ahli media, serta angket persepsi mahasiswa. Jenis data berupa data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kuantitatif diolah dari skor hasil validasi ahli media dan ahli materi, serta angket persepsi sedangkan analisis data kualitatif berdasarkan saran dan komentar dari validator. E-modul fisika matematika I pada materi diferensial parsial yang dikembangkan memilki format .exe yang dapat dioperasikan pada PC/laptop dan format HTML yang di operasikan pada smartphone. E-Modul fisika matematika I ini telah divalidasi oleh validator dengan rata-rata skor ahli materi sebesar 3,33 (sangat baik) dan rata-rata skor ahli media sebesar 3,50 (sangat baik). Selanjutnya skor hasil persepsi mahasiswa terhadap e-modul fisika matematika I pada uji coba lapangan sebesar 3,6 (sangat baik). Keunggulan utama pada e-modul yang dikembangkan yaitu terdapat video yang dapat diakses secara offline, quiz dan uji kompetensi yang memberikan umpan balik terhadap jawaban yang diberikan, dan fitur-fitur yang mudah dioperasikan. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa e-modul pada materi diferensial parsial mata kuliah fisika matematika I menggunakan aplikasi Flip PDF Professional yang telah dikembangkan berkategori sangat baik untuk digunakan dan dapat disebarluaskan.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: E-Modul, Fisika Matematika I, Flip PDF Professional, Diferensial Parsial
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Fitriani
Date Deposited: 13 Jun 2022 07:29
Last Modified: 13 Jun 2022 07:29
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34481

Actions (login required)

View Item View Item