ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENURUT LERNER DENGAN KEPRIBADIAN ARTISAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII SMP

Syah, Firman ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENURUT LERNER DENGAN KEPRIBADIAN ARTISAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII SMP. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA. (Unpublished)

[img] Text
artikel.pdf

Download (353kB)

Abstract

Kesulitan belajar adalah hambatan atau masalah yang dihadapi seseorang siswa atau sekelompok siswa dalam belajar yang disebabkan oleh suatu hal yang datang dari dalam maupun luar siswa yang dapat mempengaruhi hasil belajarnya. Siswa yang mengalami kesulitan dalam mempelajari matematika pada umumnya terletak pada kurangnya pemahaman konsep dan prinsip dalam matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa dengan kepribadian Artisan yang memperoleh nilai rendah dalam menyelesaikan soal cerita pada materi aritmatika sosial. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan berdasarkan lembar tes penggolongan kepribadian siswa, tes tertulis kesulitan belajar siswa dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa yang memiliki kesulitan belajar matematika menurut Lerner dalam menyelesaikan soal cerita pada materi aritmatika sosial pada semester ganjil tahun akademik 2017/2018. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil dari lembar tes dan wawancara bahwa seluruh siswa dengan kepribadian artisan cenderung mengalami kesulitan dalam abnormalitas persepsi visual. 33% siswa dengan kepribadian artisan mengalami kesulitan mengenal dan memahami simbol. Serta 100% siswa dengan kepribadian artisan mengalami kesulitan dalam bahasa dan membaca. Dapat disimpulkan bahwa kesulitan yang paling dominan dialami siswa dengan kepribadian artisan yang memperoleh nilai rendah berdasarkan kesulitan belajar matematika menurut Lerner dalam menyelesaikan soal cerita pada materi aritmatika sosial yaitu terletak pada abnormalitas persepsi visual dan kesulitan bahasa dan membaca.

Type: Article
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: FIRMANSYAH
Date Deposited: 28 Feb 2018 06:41
Last Modified: 28 Feb 2018 06:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3456

Actions (login required)

View Item View Item