Gita Sonia,, Adelia (2022) Pengaruh Media Gambar terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Al-Falah Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (86kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (84kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (84kB) |
![]() |
Text
MOTO.pdf Download (82kB) |
![]() |
Text
PERNYATAAN KEASLIAN KARYA.pdf Download (83kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (114kB) |
![]() |
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (371kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (307kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (452kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Sonia, Adelia Gita. 2022. Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Islam Al-Falah Kota Jambi. Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing I Dr.Drs. Herman Budiyono, M.Pd., Pembimbing II Dr.Drs. Andiopenta Purba, M.Hum. Kata kunci : media gambar, kemampuan menulis, teks deskripsi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan mendeskripsikan ada atau tidak ada pengaruh dari media gambar terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Islam Al-Falah Kota Jambi. Berdasarkan aspek struktur teks deskripsi yakni identifikasi umum, deskripsi bagian dan penutup. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen, desain penelitian menggunakan quasi eksperimental. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII.2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 14 siswa dan siswa kelas VII.4 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 14 siswa yang dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan lembar tes sebagai data utama. Penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks deskripsi pada siswa menunjukkan hasil posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan hasil posttest kelas kontrol. Hal ini didasarkan pada tinjauan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 84,64, berbeda dengan nilai posttest kelas kontrol yang memiliki rata-rata sebesar 68,57. Setelah dilakukan uji analisis data dan uji hipotesis menggunakan SPSS 25, terlihat ada pengaruh yang positif terhadap penggunaan media gambar yaitu pada uji t diperoleh Signifikansi. 0,000<0,05 dengan kata lain Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP Islam Al-Falah Kota Jambi. Hasil penelitian ini diharapkan mampu membantu guru untuk memilih media yang tepat dalam pembelajaran menulis teks deskripsi, dan diharapkan memberikan manfaat bagi peneliti berikutnya, terutama yang menggunakan media gambar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | Sonia |
Date Deposited: | 15 Jun 2022 01:44 |
Last Modified: | 15 Jun 2022 01:44 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34589 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |