PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL

Romlah, Romlah and Kamid, Kamid and Hariyadi, Bambang (2022) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
6. TESIS ROMLAH (NIM. P2A918014)_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
5. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (142kB)
[img] Text
1. ABSTRAK.pdf

Download (286kB)
[img] Text
3. BAB V.pdf

Download (12kB)
[img] Text
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (423kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK ROMLAH. 2022. Pengembangan Modul Berbasis Realistic Mathematic Education Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Aritmatika Sosial, Pembimbing (I) Dr. Drs. Kamid, M.Si, (II) Ir. Bambang Hariyadi, M.Si., Ph.D. Kata Kunci: Modul, Realistic Mathematic Education, Komunikasi Matematis. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul yang valid, praktis dan efektif. Dikembangkan dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu tahap pertama, analyze (analisis) yaitu menganalisis kurikulum, memvalidasi kesenjangan kerja, menganalisis kebutuhan dan karakteristik siswa, dilanjutkan dengan tahap disgn (rancangan) yaitu merancang modul berbasis realistic mathematic education dan divalidasi oleh ahli materi dan ahli dsain , kemudian tahap development (pengembangan) yaitu dengan uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Tahapan selanjutnya adalah implementation (implementasi) yaitu dengan menerapkan Modul Berbasis Realistic Mathematic Education yang telah di uji coba pada kelas VII SMPIT Al Irsyad Sungai Bahar, dan terakhir tahap evaluation (evaluasi), yaitu mengadakan penilaian, tanggapan dari guru dan peserta didik terhadap Modul Berbasis Realistic Mathematic Education yang dikembangkan. Kemudian diperoleh tanggapan positif dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran serta dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Setelah menganalisis uji kelayakan modul secara konseptual, maka diperoleh tingkat validasi pengembangan modul berbasis realistic mathematic education sangat valid oleh validator setelah adanya revisi. Secara prosedural, pengembangan modul berbasis realistic mathematic education dinyatakan praktis berdasarkan persepsi siswa. Berdasarkan hasil uji gain termonalisasi diperoleh sebesar 0.88 dengan keterangan tinggi. Ini berarti modul berbsis realistic mathematic education dikatakan efektif dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Modul, Realistic Mathematic Education, Komunikasi Matematis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: ROMLAH
Date Deposited: 14 Jun 2022 06:54
Last Modified: 14 Jun 2022 06:54
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34636

Actions (login required)

View Item View Item