IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 2 DALAM ASPEK LITERASI DAN NUMERASI SISWA KELAS TIGA SD NEGERI 179/II LEMBAH KUAMANG

MAHARANI CHANDRA, ELLA (2022) IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 2 DALAM ASPEK LITERASI DAN NUMERASI SISWA KELAS TIGA SD NEGERI 179/II LEMBAH KUAMANG. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
full skripsi ELLA MAHARANI CHANDRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
COVER PERTAMA.pdf

Download (158kB)
[img] Text
i-vi.pdf

Download (912kB)
[img] Text
BAB I ELA ,Y (2).pdf

Download (454kB)
[img] Text
BAB V (1).pdf

Download (162kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ELA Y.pdf

Download (289kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Chandra, Ella Maharani. 2022. Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan 2 Dalam Aspek Literasi Dan Numerasi Siswa Kelas Tiga SD Negeri 179/II Lembah Kuamang: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Budi Purnomo, M.Pd.,M.Hum., (II) Nelly Indrayani, M.Hum.,M.Pd., Kata kunci: Kampus Mengajar, literasi, numerasi    Rendahnya literasi membaca dan numerasi berhitung menjadi salah satu fokus agenda prioritas nasional. Adanya pandemi Covid-19 menyebabkan waktu pelajaran disekolah dibatasi, kurang lengkapnya fasilitas ajar, akses menuju sekolah yang sulit dijangkau, dan suasana belajar mengajar yang kurang menarik. Hal ini merupakan permasalahan yang harus diatasi. Kemendikbud ristek melalui program kampus mengajar 2 memiliki tujuan peningkatan kemampuan literasi dan numerasi pada lingkup pendidikan dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program kampus mengajar 2 di sekolah dasar dalam aspek literasi membaca dan numerasi berhitung siswa, hambatan dan solusi dalam melaksanakan program kampus mengajar 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan tes. Berdasarkan data awal sebelum dilaksanakan program kampus mengajar 2 dalam aspek literasi peneliti memperoleh data terdapat 6 siswa yang memiliki kemampuan membaca yang rendah, 3 siswa kategori sedang dan 4 siswa yang cukup tinggi. Sedangkan kemampuan numerasi berhitung terdapat 1 siswa yang sangat rendah, 5 siswa rendah, 3 siswa kategori sedang dan 4 siswa yang cukup tinggi. Peneliti merancang dan melaksanakan program kerja untuk membantu aspek literasi dan numerasi siswa selama 5 bulan. Peneliti melaksanakan program kerja antara lain: (1) Memberikan pelajaran tambahan diluar kelas, (2) Membuat media pembelajaran Pop up Book, (3) Menampilkan video pembelajaran yang menarik melalui laptop, (4) Membuat poster bacaan di ruang kelas. Data setelah program kampus mengajar 2 literasi siswa mengalami perubahan yang baik dalam membaca, data awal terdapat 6 siswa kategori rendah, setelah program kampus mengajar terdapat 2 siswa kategori literasi rendah, siswa lain kategori sedang, tinggi dan sangat tinggi. Untuk numerasi berhitung siswa mengalami perubahan yang baik dalam berhitung. Data awal terdapat 1 siswa dengan kategori sangat rendah dan 5 siswa kategori Rendah. Setelah program kampus mengajar angkatan 2 tahun 2021 selesai terdapat hanya 1 siswa yang kategori numerasi berhitung rendah, sedangkan siswa yang lain sudah kategori sedang, tinggi dan sangat tinggi. Kesimpulan, implementasi program kampus mengajar 2 dalam aspek literasi membaca dan numerasi berhitung siswa memberi perubahan yang baik bagi siswa dalam kemampuan membaca dan berhitung. Disarankan sekolah meningkatkan fasilitas penunjang pembelajaran, Di samping itu, pendidik sebagai pemegang peran dalam kegiatan pembelajaran mestinya meningkatkan kemampuan mengajar, penggunaan media, dan memvariasikan strategi yang tepat.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 2 DALAM ASPEK LITERASI DAN NUMERASI SISWA KELAS TIGA SD NEGERI 179/II LEMBAH KUAMANG
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: CHANDRA
Date Deposited: 14 Jun 2022 02:16
Last Modified: 14 Jun 2022 02:16
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34643

Actions (login required)

View Item View Item