Novianti, Mia (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGALI INFORMASI DARI DONGENG MELALUI METODE DRILL DI KELAS II SDN 182/I HUTAN LINDUNG. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
SKRIPSI-MIA NOVIANTI (A1D118002).pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
COVER.pdf Download (49kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (53kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (12kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (114kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (40kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (84kB) |
Abstract
ABSTRAK Novianti, Mia. 2022. Meningkatkan Kemampuan Menggali Informasi Dari Dongeng Melalui Metode Drill Di Kelas II SDN 182/I Hutan Lindung. Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Anak Usia Dini Dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, 1) Drs. Andi Suhandi, S.Pd., M.PdI, 2) Issaura Sherly Pamela, S.Pd., M.Pd Kata kunci: Metode Drill, Menggali Informasi, Dongeng Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan siswa dalam menggali informasi dari dongeng (Fabel) pada siswa kelas II SDN 182/I Hutan Lindung yang masih rendah dan perlu ditingkatkan lagi. Hal tersebut dikarenakan siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal yang dibagikan oleh guru. Sehingga banyak siswa mendapat nilai dibawah kriteria ketuntasan minimal. Guru dalam penyampaian materi pembelajaran dilakukan secara langsung dengan memaparkan materi secara langsung di papan tulis dan siswa hanya mendengarkan uraian materi yang dijelaskan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menggali informasi dari dongeng (Fabel) melalui metode drill pada siswa kelas II SDN 182/I Hutan Lindung. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 182/I Hutan Lindung pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang mempunyai tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian ini diperoleh dengan cara observasi aktivitas siswa dan melakukan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan menggali informasi dari dongeng (Fabel) pada siswa kelas II Sekolah Dasar, yaitu dapat dilihat pada hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I pertemuan I mendapat persentase secara klasikal 27.27% dan pada siklus I pertemuan II mengalami peningkatan yaitu mendapatkan persentase secara klasikal 45.45%. Siklus II pertemuan I mendapat persentase secara klasikal 59.09% dan pada siklus II pertemuan II mengalami peningkatan yaitu mendapatkan persentase secara klasikal 77.27%. Selanjutnya dapat dilihat dari hasil tes tertulis pada pre test yaitu dari 22 siswa, hanya 4 siswa yang mencapai kriteria ketuntasan, serta persentase secara klasikal yaitu mendapat 18.18%. Hasil post test pada siklus I dari 22 siswa, yang mencapai nilai di atas kriteria ketuntasan yaitu 14 siswa, serta persentase secara klasikal yaitu mendapat 63.63%. Hasil post test pada siklus II dari 22 siswa, yang mencapai nilai diatas kriteria ketuntasan yaitu 17 siswa, serta persentase secara klasikal yaitu mendapat 77.27%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode drill dapat meningkatkan kemampuan menggali informasi dari dongeng peserta didik di kelas II Sekolah Dasar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Drill, Menggali Informasi, Dongeng |
Subjects: | A General Works > AI Indexes (General) Universitas Jambi (UNJA) > Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > A General Works > AI Indexes (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Novianti |
Date Deposited: | 14 Jun 2022 02:02 |
Last Modified: | 14 Jun 2022 02:02 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34651 |
Actions (login required)
View Item |