PENGARUH KEHIDUPAN BERKELUARGA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL REMAJA DI SMP N 10 KOTA JAMBI

rena, rena (2022) PENGARUH KEHIDUPAN BERKELUARGA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL REMAJA DI SMP N 10 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
cover rena.pdf

Download (28kB)
[img] Text
full skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (679kB)
[img] Text
pengesahan.pdf

Download (69kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (118kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Orangtua memiliki peranan penting bagi perkembangan dan pendidikan seorang anak bertanggung jawab dalam mengasuh, mendidik dan membimbing terutama dalam pengembangan emosi, pembentukan kecerdasan emosional khususnya remaja membutuhkan bantuan dan peranan lingkungan keluarga terutama orang tua sebagai lingkungan pertama dan utama. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh lingkungan keluarga terhadap kecerdasan emosional remaja di SMP N 10 Kota Jambi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dengan pendekatan Survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP N 10 Kota Jambi dengan jumlah sebanyak 228 siswa,sampel pada penelitian ini sebanyak 80 siswa, penarikan sampel dilakuka dengan teknik Simple Random Sampling, alat pengumpul data menggunakan angket atau kuisioner yang bersifat negatif dan positif dengan mode skala likert lima pada deskripsi data melalui KIN (kontinum Interval Normatif). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) secara umum tingkat lingkungan keluarga pada siswa kelas VIII di SMP 10 Kota Jambi termasuk dalam kategori sedang dengan persentase 42,48%, (2) tingkat kecerdasan emosional pada siswa kelas VIII di SMP N 10 Kota Jambi termask dalam kategori sedang dengan persentase 48,63%. (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan keluarga terhadap kecerdasan emosional remaja di SMP N 10 Kota Jambi, dilihat dari hasil yang di dapatkan nilai sig. pada 0,000 dimana ( 0,000 ˂ 0,05 ). Dapat dilihat nilai t hitung sebesar 6,055 lebih besar dari nilai t tabel 0,2172 ( 6,055 ˃ 0,2172 ) Maka dapat di simpulkan Ha diterima yang berarti bahwa adanya pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Keluarga,Kecerdasan Emosional
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Rena
Date Deposited: 14 Jun 2022 01:40
Last Modified: 14 Jun 2022 01:40
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34657

Actions (login required)

View Item View Item