Rahmawati, Fadilah and Muazza, Muazza and Rahman, K.A. (2022) PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN CITRA SEKOLAH TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SERTA DAMPAKNYA PADA LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus: SMP IT Nurul ‘Ilmi, Kota Jambi). S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (176kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (68kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (80kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (935kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (137kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan dan citra sekolah terhadap loyalitas pelanggan pada SMP IT Nurul ‘Ilmi, Kota Jambi. Jenis Penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah Wali siswa SMP IT Nurul ‘Ilmi, Kota Jambi, sebanyak 227 responden yang dipilih secara proporsional dari setiap kelas. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik kuisioner. Data dianalisis secara deskriptif dan kuantitatif menggunakan metode Partial Least Square (PLS). Hasil analisis menunjukkan bahwa responden memiliki persepsi yang tinggi terhadap kualitas layanan yang diberikan oleh SMP IT Nurul ‘Ilmi, Kota Jambi. Persepsi wali siswa terhadap citra SMP IT Nurul ‘Ilmi, Kota Jambi termasuk kategori sangat tinggi. Sementara itu hasil analisis data untuk kepuasan dan loyalitas pelanggan mendapatkan hasil dengan kategori tinggi. Hasil uji statistik menunjukan bahwa tidak terdapat pengaruh antara kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan, begitu pula citra sekolah tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai t-statistik 6,283>1,96. Citras sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai tstatistik 6,442>1,96. Kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai t-statistik 7,330>1,96. Hasil Uji analisis hubungan tidak langsung menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan dapat memediasi pengaruh antara kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai koefisien sebesar 0,264. Kepuasan pelanggan juga mampu memediasi pengaruh hubungan citra sekolah terhdap loyalitas pelanggan dengan hasil nilai koefisien sebesar 0,236. Hasil analisis R2 menunjukkan bahwa perubahan kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh kualitas layanan dan citra sekolah sebesar 66,1%. Variable loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh kualitas layanan dan citra sekolah sebesar 38,1% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variable lain diluar model.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Layanan, Citra Sekolah, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Rahmawati |
Date Deposited: | 14 Jun 2022 01:25 |
Last Modified: | 14 Jun 2022 01:32 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34661 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |