Penerapan Metode Kolaboratif Berbasis Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Baca Sejarah Siswa Kelas XI IPS 2 Madrasah Aliyah Laboratorium UIN STS Jambi

Rahmadani, Desy (2022) Penerapan Metode Kolaboratif Berbasis Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Baca Sejarah Siswa Kelas XI IPS 2 Madrasah Aliyah Laboratorium UIN STS Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
DESY RAHMADANI - A1A218031.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
COVER-Daftar LAMPIRAN.pdf

Download (585kB)
[img] Text
COVER-Daftar LAMPIRAN.pdf

Download (585kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (404kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (814kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (840kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Fenomena mengenai rendahnya minat baca merupakan salah satu masalah yang terjadi didunia pendidikan khususnya di Indonesia. Membaca di era digitalisasi ini menjadi suatu keharusan dasar yang dilakukan untuk membentuk prilaku siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode kolaboratif berbasis video pembelajaran dalam meningkatkan minat baca sejarah siswa kelas XI IPS 2 MAL UIN STS Jambi. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Laboratorium UIN STS Jambi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS 2 MAL UIN STS Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, teknik analisis data yang digunakan adalah triangulasi metode. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan minat baca sejarah siswa kelas XI IPS 2 MAL UIN STS Jambi yang menggunakan metode kolaboratif berbasis video pembelajaran dengan memperoleh persentse pada prasiklus sebesar 42% katogori sangat rendah, siklus I persentase 56% kategori rendah, siklus II 69% kategori cukup dan siklus III 81% kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat peningkatan minat baca sejarah yang menggunakan metode kolaboratif berbasis video pembelajaran. Hal ini ditunjukan disetiap indikator minat baca sejarah, persentasenya mengalami peningkatan disetiap siklusnya. Saran yang dapat diberikan adalah agar dapat menggunakan metode pembelajaran yang tepat dalam penyampaian materi pada proses belajar. Metode yang berbasis kelompok ini bertujuan untuk proses pembelajaran menjadi menarik dan mengoptimalkan interaksi antar siswa dan guru dalam berdiskusi sehingga proses belajar menjadi lebih aktif. Serta ciptakan kondisi untuk menanamkan budaya baca pada siswa disetiap proses pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: METODE KOLABORATIF BERBASIS VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MINAT BACA SEJARAH DI MAL UIN STS JAMBI
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Rahmadani
Date Deposited: 15 Jun 2022 01:37
Last Modified: 15 Jun 2022 01:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34663

Actions (login required)

View Item View Item