EKSPERIMEN GERAK PENDULUM MENGGUNAKAN SMARTPHONE BERBASIS PHYPHOX: PENERAPAN PRAKTIKUM FISIKA DASAR SELAMA MASA COVID-19

Pebralia, Jesi and Amri, Iful (2021) EKSPERIMEN GERAK PENDULUM MENGGUNAKAN SMARTPHONE BERBASIS PHYPHOX: PENERAPAN PRAKTIKUM FISIKA DASAR SELAMA MASA COVID-19. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP), 5 (2). pp. 10-14. ISSN 2549-6158

[img] Text
7188-Article Text-31698-1-10-20211224.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp

Abstract

Selama masa lockdown dan PSBB Covid-19, aktivitas mahasiswa secara tatap muka di kelas ditiadakan baik kegiatan yang berupa kuliah teori di kelas maupun praktikum di laboratorium. Semua kegiatan belajar dan mengajar dilakukan secara daring menggunakan Learning Management System (LMS) yang diterapkan pada masing-masing sekolah dan perguruan tinggi. Kegiatan praktikum yang dilakukan secara online dan jarak jauh mengharuskan pendidik untuk mencari metode yang tepat agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik sebagaimana pembelajaran konvensional. Tujuan dari penelitian ini yaitu memberikan gambaran salah satu bentuk praktikum fisika dasar yang dapat digunakan pada pembelajaran jarak jauh khususnya pada masa pandemi Covid-19. Adapun topik yang dipilih yaitu gerak pendulum dengan menggunakan smartphone berbasis aplikasi Phyphox. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan kesesuaian grafik data yang dihasilkan dari praktikum menggunakan smartphone dan perhitungan secara teori dengan nilai R square sebesar 0,998. Sehingga smartphone dapat digunakan sebagai alat bantu praktikum fisika dasar pada pembelajaran jarak jauh. Kata Kunci: covid-19, Phyphox, pembelajaran jarak jauh, pendulum, praktikum fisika

Type: Article
Informasi Tambahan: -
Uncontrolled Keywords: covid-19, Phyphox, pembelajaran jarak jauh, pendulum, praktikum fisika
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika
Depositing User: Pebralia
Date Deposited: 28 Jul 2022 08:12
Last Modified: 28 Jul 2022 08:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34691

Actions (login required)

View Item View Item