analisis pematuhan dan pelanggaran dari prinsip sopan santun guru dan siswa pada proses pembelajaran bahasa indonesia kelas IX A dan iX B SMP Muhammadiyah 1 Kota jambi

Ernawati, Ernawati (2022) analisis pematuhan dan pelanggaran dari prinsip sopan santun guru dan siswa pada proses pembelajaran bahasa indonesia kelas IX A dan iX B SMP Muhammadiyah 1 Kota jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
halam judul.pdf

Download (17kB)
[img] Text
SKRIPSI ERNA REVISI JUNI pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Doc1.pdf

Download (343kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (149kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (259kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pematuhan maupun pelanggaran prinsip sopan santun Leech dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia terhadap guru dan siswa kelas IX A dan IX B SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Adapun teknik yang diterapkan dalam penelitian ini adalah teknik simak, teknik catat dan teknik rekam suara. Teknik simak bebas libat cakap ini digunakan pada penyediaan data dengan cara penyimakan yang berupa tuturan guru dan siswa kelas IX A dan IX B selama proses pembelajaran bahasa Indonesia berlangsung. Teknik rekam ini bertujuan untuk mengumpulkan data penelitian yang diperoleh dengan cara merekam langsung interaksi yang terjadi antara tuturan guru dengan siswa berfokus pada masalah yang diteliti. Teknik ini dimanfaatkan dengan berbagai peninjauan bahwa data yang diteliti berupa data lisan. Teknik ini diadakan secara berencana dan sistematis. Teknik Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis pragmatik dengan prinsip sopan santun Leech. Data pada penelitian ini yaitu berupa tuturan dari guru dan siswa yang terlibat pada proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IX A dan IX B yang mengandung pematuhan terhadap maksim sopan santun Leech. Hasil dari penelitian ini menujukka bahwa tuturan guru maupun siswa telah menaati pematuhan prinsip sopan santun Leech, dari ke-enam maksim pematuhan prinsip sopan santun yang dominan adalah maksim pujian dan maksim kesepakatan.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: ANALISIS PEMATUHAN DAN PELANGGARAN DARI PRINSIP SOPAN SANTUN GURU DAN SISWA PADA PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IX A DAN IX B SMP MUHAMMADIYAH 1 KOTA JAMBI
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: ERNAWATI
Date Deposited: 15 Jun 2022 07:03
Last Modified: 15 Jun 2022 07:03
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34708

Actions (login required)

View Item View Item