Ikhwan, Mhd (2022) PENERAPAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBASIS QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 1 SMAN 3 KOTA JAMBI PADA MATA PELAJARAN SEJARAH MATERI KEHIDUPAN BANGSA INDONESIA PADA ZAMAN PENDUDUKAN JEPANG. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Skripsi Mhd. Ikhwan.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (36kB) |
![]() |
Text
halaman persetujuan 14-06-22 6.14.55.pdf Download (883kB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan 14-06-22 6.16.22.pdf Download (889kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (170kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (36kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (36kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN .pdf Download (201kB) |
Abstract
Ikhwan, Mhd. 2022. Penerapan Metode Contextual Teaching and Learning Berbasis Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 1 SMAN 3 Kota Jambi Pada Mata Pelajaran Sejarah Materi Kehidupan Bangsa Indonesia Pada Zaman Pendudukan Jepang: Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah dan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (1) Dr. Drs. Maizar Karim, M.Hum., (II) Apdelmi, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil Belajar, Quizizz Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menerapkan indikator peningkatan dari pelaksanaan setiap siklus melalui metode contextual teaching and learning berbasis quizizz untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 SMAN 3 Kota Jambi pada mata pelajaran sejarah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau classroom action research dengan pelaksanaannya sebanyak 2 siklus, dan setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Setiap siklus mempunyai empat tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi dan analisis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah analisis deskriptif. Sedangkan data dalam peneltian ini diperoleh dari hasil observasi/pengamatan, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode contextual teaching and learning pada setiap siklus terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 SMAN 3 Kota Jambi. Ketuntasan hasil belajar siswa pada saat pratindakan memperoleh presentase 27,77%, dengan nilai rata-rata 58,19. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa memperoleh prensentase 55,55%, dengan nilai rata-rata 67,77. Sedangkan pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa memperoleh ketuntasan 100%, dengan nilai rata-rata 81,25. Dari hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai 65,54%. Sedangkan hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai 83,28%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode contextual teaching and learning dapat meningkatkan hasil belajar sejarah, hal ini ditunjukkan oleh prensentase peningkatan di setiap siklus I dan II. Saran yang dapat diberikan guru lebih proaktif dalam memilih metode pembelajaran salah satunya dengan menggunakan metode contextual teaching and learning. Penggunaan metode pembelajaran yang berbasis kelompok agar proses pembelajaran lebih aktif dan menarik serta tidak berpusat selalu kepada guru.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil Belajar, Quizizz |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mhd.Ikhwan |
Date Deposited: | 15 Jun 2022 02:00 |
Last Modified: | 15 Jun 2022 02:00 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34728 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |